Blog

Teknik Sablon Pada Kaos

Kaos Murah – Hari yang lalu kami terlah menyuguhkan bahasan mengenai teknik sablon pada plastik (bisa dibaca di sini) dan teknik sablon pada kertas (bisa dibaca di sini). Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menyuguhkan teknik sablon pada bahan kaos.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kaos sangat digemari banyak orang, bahkan bisa dikatakan setiap orang pasti mempunyai kaos. Melihat kenyataan tersebut, peluang bisnis kaos sangat terbuka lebar. Dalam bisnis kaos murah, tidak hanya sekedar bisnis kaos saja, namun juga diikuti dengan usaha pendukungnya, usaha sablon. Untuk itu, sekiranya perlunya kita memahami teknik sablon pada bahan kaos ini.

Secara prinsipil, teknik sablon pada semua bahan adalah adalah sama. Proses sablon dimulai dari seting film, afdruk, dan proses sablon, serta terahir adalah tahap penghapusan screen. Yang membedakan pada sablon berbahan kaos adalah screen dang tinta sablonnya.

Screen yang digunakan pada proses sablon berbahan dasar kaos cenderung bernomor kecil seperti T61 dan T77. Hal ini berkaitan erat dengan tinta yang digunakan pada proses sablon. Tinta yang digunakan pada proses sablon kaos murah diantaranya tinta extender, rubber, dan tinta foam. Diantara ketiga jenis tinta salon tersebut memiliki partikel yang lebih besar dibandingkan dengan tinta pada sablon plastik dan sablon kertas, sehingga screen yang digunakanpun bernomor kecil (pori-pori besar).

Selain screen dan tinta sablon, pada proses sablon kaos juga ada satu tambahan proses. Setelah proses sablon selesai, untuk meningkatkan keawetan hasil sablonan maka diperlukan pengepresan pada suhu yang tinggi, 160 derajat celsius selama 30 detik. Setelah sablonan dipress maka ketahanannya akan jauh lebih bagus.

Ketiga hal tersebutlah yang membedakan proses sablon pada bahan dasar kaos dengan bahan lainnya. Jika anda ingin mengetahui macam-macam tinta dapat dibaca di sini.

(Visited 41 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 7 = 13