Blog

Teknik Sablon pada Bahan Plastik

Kaos Murah – Sebelumnya kami ucapkan selamat berweekendria bareng keluarga gan, semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat, amin. Kita lanjutakan lagi gan pembahasan yang kemaren mengenai teknik sablon. Pada postingan kali ini kami akan memaparkan bagaimana teknik sablon pada bahan dasar plastik. Secara prinsip sih sebenarnya sama saja gan dengan teknik sablon-sablon lainnya. Dimulai dari pembuatan film, pengafdrukan screen, dan proses sablon. Yang membedakan adalah jenis screen dan cat yang digunakan saja yang berbeda.

Sablon pada bahan plastik termasuk sablon berbasis minyak (solventbase). Apa itu sablon berbasis minyak bisa dibaca di sini. Tingkat kesulitan dari sablon pada bahan dasar plastik cukup tinggi, dimana karakteristik tintanya cepat kering.

Perlengkapan yang dibutuhkan pada sablon bahan dasar plastik sama dengan sablon pada bahan lainnya, yang membedakan hanya jenis screennya. Untuk sablon pada bahan plastik screen yang digunkana biasanya dengan nomor T150 atau T165. alat lain yang diperlukan diantaranya adalah rakel, meja afdruk, meja sablon, coater, hair dryer, dan sprayer.

Adapun tahapan sablonnya meliputi tahap pembuatan film, afdruk, tahap sablon, dan tahap recleaning screen. Sama dengan tahapan sablon pada umumnya.

Berikut kami sertakan jenis plastik dan tinta sablon yang digunakan.

  • Plastik PE, plastik ini agak buram dan elastis, tinta sablon yang cocok digunakan untuk sablon jenis ini adalan Polytuf ditambah dengan minyak terpin.
  • Plastik PP, fisiknya bening dan agak kaku, tinta yang cocok digunakan untuk plastik jenis ini adalah Polymet ditambah dengan minyak M4.
  • Plastik OPP, kenampakan fisiknya bening namun mudah sobek, tinta yang cocok digunakan pada plastik jenis OPP adalah jenis Polymet ditambah dengan M4.
  • Plastik HD, kenampakan plastik jenis ini terlihat buram dan tidak elastik, tinta sablon yang baik digunakan pada plastik jenis ini adalah Polymet ditambah M4.
  • Mika, plastik ini terlihat bening dan kaku ketika dipegang, tinta sablon yang cocok digunkan pada plastik jenis ini adalah PVC ditambah minyak M3.
(Visited 1,160 times, 1 visits today)

This Post Has 2 Comments

  1. boim says:

    Gan kalo mau nyablon tas contoh bahan kaya tas gogreen,itu cat dan campuran nya nya ap dan screen nya uk brpa?maaf pemula gan

Leave A Reply






7 + = 8