Blog

Bisnis Sablon Kaos, Modal Minimal Untung Maksimal

Kaos Murah – Banyak orang yang berusaha memulai bisnis namun tak sedikit yang ahirnya mundur karena melihat kebutuhan modal yang cukup bersar. Tidak semua pebisnis memang berangkat dari finansial yang kuat. Bahkan beberapa hanya bermodalkan nekat. Dari kenekatan inilah ahirnya lahirlah kreatifitas dalam bisnis. Bahkan dari proses ini, banyak yang ahirnya menjadi penguhasa yang sukses. Jadi saat Anda mundur dalam bisnis karena modal, mungkin Anda hanya kurang nekat saja.

Tahukah Anda tidak semua bisnis memerlukan modal finansial yang besar, beberapa diantaranya malah nyaris nol rupiah seperti halnya bisnis dropship online. Ada juga bisnis yang bisa dijalankan hanya dengan menggunakan modal yang minimal. Bisnis apa itu? Bisnis sablon kaos.

Bisnis sablon kaos kalau kita melihat perkembangan dari beberapa tahun ke belakang, bisa dikatakan cukup berkembang. Terlebih lagi di kota-kota yang banyak hadir bisnis kaos distro, maka bisnis sablon kaos menjadi kebutuhan utama dalam rangkaian bisnis distro. Sudah jadi rahasia umum jika bisnis distro menerapka model bisnisnya tidak dalam satu unit terpadu proses produksi. Sebagian dari proses produksinya mereka outsourch-kan ke luar. Salah satunya pada proses sablonnya.

Kabar baiknya, sebagian besar pelaku bisnis sablon kaos banyak digeluti oleh para pemuda. Artinya, antusiasme anak mudah untuk menggelutik ‘dunia kotor’ ini sangat besar. Kami sebut ‘dunia kotor’ karena memang pada bisnis sablon kaos yang dihadapi adalah beragam cat dan beberapa zat kimia pendukung. Ketika masuk diproses sablon maka siap-siap terkotori oleh tinta sablon.

Ada yang tanya, berapa sih sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sablon kaos? Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa modal di bisnis sablon koas itu minimal. Pada kesempatan kali ini, kami akan coba melist daftar kebutuhan modal untuk menjalankan bisnis sablon kaos.

Untuk menjalankan bisnis salon kaos, kebutuhan minimal yang harus disiapkan diantaranya ada mesin cuting kain, meja potong kain, pola kaos, meja sablon, papan sablon, meja afdrek, screen, rakel, heat press atau setrika, dan penyempot burung. Kebutuhan bahan pada sablon diantaranya, lem kain, pasta cap, zat pengafderek dan penguat screen, dan penghapusnya. Berikut daftar harganya:

  1. Mesin Cuting Kain Rp400.000,-
  2. Meja Potong kain Rp300.000,-
  3. Pola Kaos bisa bikin sendiri atau kalau beli sekitar Rp150.000,-
  4. Meja Sablon Permanen Rp2.000.000,-
  5. Meja Sablon Portable Rp300.000,-
  6. Papan Sablon/Tripleks Rp300.000,-
  7. Meja Afdrek sebenarnya tentatif bisa pakai atau tidak, kalau tidak pakai bisa menggunakan cahaya matahari saat proses afdrek. Jika mau beli sekitar Rp300.000,-
  8. Screen T66 atau T70 ukuran A3+ Rp60.000,- minimal butuh 6 screen
  9. Rakel 30 cm Rp60.000,-
  10. Heat Press sekitar Rp2.500.000,-
  11. Strika Panas Rp250.000,-
  12. Penyemprot Burung Rp20.000,-
  13. Untuk kebutuhan bahan bisa dianggarkan di awal Rp500.000,-

Kesemua alat di atas sebenarnya tidak harus ada semua. Misal bisnis sablon kaos tidak terima jasa potong, maka alat untuk keperluan potong kain kaos seperti mesin cuting, meja potong, dan pola kaos tak perlu ada.

Untuk meja sablon juga, untuk menghemat sementara pakai saja yang portable. Untuk meja afdrek juga tidak harus ada, bisa menggunakan cahaya matahari untuk proses afdrek. Pun sama halnya untuk kebutuhan press, tidak harus pakai heat press, bisa juga menggunakan strika panas.

(Visited 135 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






8 + = 13