Blog

Memetakan Target Pasar Bisnis Kaos Distro

Kaos Murah – Memulai bisnis tentu harus faham dengan peta calon konsumen yang ingin disasar. Siapa yang kira-kira membutuhkan dan mau membeli produk? Hal ini sangat penting ditentukan di awal ketika seseorang ingin memulai bisnis. Bisa jadi produk yang bagus tidak sukses dipasar. Secara kualitas mungkin bagus bahkan istimewa, namun sayang rontok saat memasuki pasar. Lantas apa yang salah jika hal tersebut terjadi pada suatu produk?

Banyak pelaku usaha yang menawarkan produk ke sembarang orang, mereka tidak memiliki target pasar yang jelas. Orang yang tidak butuh atau kurang butuh mereka tawari, alhasil buka pembelian yang terjadi, namun penolakan beruntunlah yang didapatkan. Itulah salah satu faktor yang menyebabkan produk bagus belum selalu sukses menembus pasar. Tidak tepat menentukan siapa calon konsumennya.

Pun sama halnya dengan bisnis kaos distro atau kaos murah. Bagi para pemula atau jika Anda berniat untuk memulai bisnis di bidang ini, maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah lihat kondisi pasarnya, lihat segment mana yang kira-kira pas dengan bisnis kaos distro yang akan dijalankan. Bagaimana cara melihat segmentasi pasar pas atau tidak terhadap bisnis yang akan dijalankan?

Banyak indikator yang dapat digunakan untuk menentukan suatu segmentasi bagus atau tidak. beberapa diantaranya, yang pertama adalah tentu dari produk yang ingin ditawarkan. Produk kaos distro kira-kira banyak dipakai oleh siapa? Indikator selanjutnya adalah lihat dari besaran (jumlah) dari segmentasi terebut. Semakin besar tentu akan semakin bagus, namun tentu juga kita akan menemui banyak persaingan disana. Sudah barang mahfum bahwa semakin besar popolasi suatu segmentasi pasar maka akan semakin banyak juga bisnis yang menggarap pada segement tersebut. Dan yang lebih penting, segementasi pasar yang ingin dituju oleh bisnis kaos distro adalah segmentasi produk tersebut bertumbuh.

Maksud dari segmentasi pasar kaos murah yang bertumbuh adalah segmentasi pasar terus berkembang dengan adanya pengaruh pertumbuhan penduduk suatu daerah. Misalnya pada segmentasi pasar anak-anak. Segment pasar anak-anak tidak akan pernah habis, karena akan selalu ada orang melahirkan, bahkan kecenderungannya semakin banyak. Di sisi lain, setiap anak tentu akan tumbuh menjadi dewasa, dan tentu meninggalkan masa kekanak-kanakannya, namun posisi mereka selalu digantikan oleh bayi yang baru lahir dan terus lahir kemudian hari. Begitulah kira-kira gambaran mudah segmentasi bertumbuh.

Lantas kira-kira segment mana yang pas untuk bisnis kaos distro? Usia muda dari rentang 15-30 tahun tentu akan menjadi suatu segmentasi yang menggiurkan untuk digarap. Bagaimana tidak, pada usia ini, kebanyakan orang masih mempunyai jiwa muda yang menggebu dan sangat membutuhkan ruang untuk menunjukan eksistensinya. Dan salah satu menunjukan eksistensi adalah dengan menggunakan media kaos. Pada usia ini pula, kecenderungan mereka dalam berpakaian adalah ingin selalu kelihatan trendy dan berjiwa muda, tentu kaos menjadi pilihan lebih nyentrik dibandingkan harus memakai baju batik setiap harinya, apa lagi lengang panjang. Duh bukan gaya mereka kayaknya. Dari sini bisa kita lihat bahwa kebutuhan kaos pada segemntasi ini sangat besar.

Sementasi umur 15-30 tahun banyak terkonsentrasi pada tempat-tempat ramai, terutama di daerah yang terkenal dengan pendidikan seperti kota Jogja. Setiap tahunnya tentu ada banyak penempuh pendidikan dari sekolah menengah sampai ke perguruan tinggi yang lulus, namun lebih banyak lagi adalah mereka yang masih tinggal di Jogja dan datang ke Jogja untuk meneruskan pendidikan. Bahkan jumlahnya terus meningkat. Dan tentu, segmentasi ini memberikan peluang yang besar untuk sebuah bisnis.

Selain terkonsentrasi di tempat-tempat pendidikan, segmentasi ini juga sangat akrab dengan dunia online. Sebagin besar waktu mereka ada di dunia online. Tentu hal ini akan sangat memudahkan bagi pelaku bisnis distro dalam rangka menggarap pasarnya (strategi pemasaran akan diulas pada artikel berikutnya, jadi tetap pantauin terus ya). Di sisi lain, pada segmentasi ini kita akan melihat banyak tema yang bisa digarap pada produk distro yang akan ditawarkan. Musik menjadi salah satu tema menarik yang bisa ditawarkan. Wisata, Jalan-jalan juga menarik untuk banyak kalangan. Dan tentu tema kewirausahaan juga sedang booming saat ini. Kayanya tema yang bisa diaplikasikan ke produk kaos distro yang akan ditawarkan tentu memberikan pertimbangan yang menarik untuk fokus menggarap bisnis kaos distro.

Bagaimana..? Sudah mempunyai gambaran terkait siapa calon konsumen potensial dari bisnis kaos? Di sini, kuncinya adalah semakin spesifik segmentasi yang akan digarap akan semain memudahkan pebisnis menerapkan strategi pemasaran. Dan harapannya produk sukses di pasaran. Semoga bermanfaat!

(Visited 560 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 3 = 5