Blog

Kaos Sebagai Sebuah Citra Diri | kaos kelas | tempat bikin kaos kelas | tempat bikin kaos murah

Untuk memahami kaos murah sebagai alat komunikasi tidak cukup hanya dengan memahami komunikasi sebagai sekedar pengiriman pesan. Dalam hal ini kaos murah, yang merupakan bagian dari Fashion atau pakaian, menjadi medium atau saluran yang dipergunakan seseorang untuk menyatakan sesuatu kepada orang lain dengan maksud mendorong terjadi perubahan pada orang itu. Kaos murah merupakan medium untuk mengirimkan pesan pada orang lain. Seseorang mengirimkan pesan tentang dirinya sendiri melalu kaos murah yang dipakainya. Berdasarkan pengalaman sehari-hari, pakaian/kaos murah dipilih sesuai dengan apa yang akan dilakukan pada hari itu, bagaimana suasana hati seseorang, siapa yang akan ditemuinya dan seterusnya.

Kaos/pakaian sering dianggap sebagai sebuah topeng untuk memanipulasi tubuh, sebagai cara untuk membangun dan menciptakan citra diri. Kaos murah membangun habitus pribadi, sebagai sebuah perangkat penting untuk berkomunikasi dengan lingkungannya; kaos murah dibentuk dan disesuaikan dengan kondisi tertentu. Peran penting seseorang pencipta atau desainer kaos murah, mempengaruhi identitas kaos murah, sekaligus citra tubuh penggunanya.

Kaos murah pada tataran dasarnya adalah berfungsi sebagai penutup, perlindungan, kesopanan, dan daya tarik. Kini kaos murah sudah merupakan bagian dari lifestyle atau gaya hidup, karena dengan kaos murah terkini seseorang bisa menunjukkan kualitas gaya hidupnya. Pamor seseorang pun bisa ikut terdongkrak ketika ia menggunakan kaos murah dengan desain yang sedang tren, atau istilahnya sering disebut dengan fashionable. Istilah untuk orang-orang yang amat sangat menyukai fashion sebagai gaya hidup biasa disebut dengan fashionister atau fashionista.

Secara semiologis tanda denotatif dianggap sebuah penanda dan tanda konotatif dianggap sebagai sebuah pertanda.Pada tataran makna denotasi atau makna secara harfiah, kaos murah dipahami melalui apa yang ditampilkan oleh citra yang secara faktual tampak, bahan apa yang digunakan, waktu dan tempat pembuatannya, pemakaiannya, dan sebagainya. Mereka dapat berbeda dari jenis kelamin, gender, usia, kelas sosial, pekerjaan, dan ras. Perbedaan itu dapat menghasilkan dan mendorong perbedaan konotasi bagi kata atau citra.

Di dalam sebuah fashion, selain ada nilai-nilai yang ingin dipromosikan atau dikomunikasikan melalui apa yang ditampilkan. Kaos murah merupakan sebuah bentuk dari ekspresi individualistik. Kaos murah adalah cara yang digunakan individu untuk membedakan dirinya sendiri sebagai individu dan menyatakan beberapa keunikannya. Penggunaan warna merupakan salah satu cara berekspresi.

Kini tren kaos murah menyusup ke dalam ideologi konsumen, menanamkan cara pandang untuk melihat kaos murah sebagai gaya hidup dan merk adalah salah satu bagian dari fashion, maka merk dianggap adalah gaya hidup masa kini. Kaos murah adalah sebuah fenomena komunikatif dan kultural yang digunakan oleh suatu kelompok untuk mengonstruksi dan mengomunikasikan identitasnya, karena kaos mempunyai cara nonverbal untuk memproduksi serta mempertukarkan makna dan nilai-nilai. Kaos murah sebagai aspek komunikatif dan fungsional tidak hanya sekedar sebagai sebuah karya seni akan tetapi juga dipergunakan sebagai simbol untuk membaca status seseorang dan cerminan budaya yang dibawa.

(Visited 20 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






6 + = 12