Blog

Kaos Sebagai Komunikasi | tempat bikin kaos kelas | kaos murah

Berbicara tentang kaos sesungguhnya berbicara tentang sesuatu yang sangat erat dengan diri kita, bahkan tak bisa kita pisahakan dengan kehidupan kita sehari-hari. Tak heran, kalau dalam kata-kata Thomas Carlyle, kaos murah (pakaian) menjadi “perlambang jiwa” (emblems of the soul). Pakaian tentunya dalam hal ini kaos sebagai salah satu jenis pakaian bisa menunjukkan siapa pemakainya. Dalam kata-kata tersohor dari Umberto Eco, “I speak through my cloth”. (Aku berbicara lewat pakaianku). Kaos murah yang kita kenakan membuat pernyataan tentang busana kita. Bahkan jika kita bukan tipe orang yang terlalu peduli soal busana pun, orang yang bersua dan berinteraksi dengan kita tetap akan menafsirkan penampilan kita seolah-olah kita sengaja membuat suatu pesan. Pernyataan ini membawa kita pada fungsi komunikasi dari kaos murah yang kita kenakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam suasana formal maupun informal.

Komunikasi artifaktual didefinisikan sebagai komunikasi yang berlangsung melalui pakaian atau kaos murah, dan penataan pelbagai artefak, misalnya, pakaian, dandanan, barang perhiasan, kancing baju, atau furnitur di rumah dan penataannya, ataupun dekorasi ruangan. Karena kaos murah atau pakaian menyampaikan pesan-pesan nonverbal, ia termasuk komunikasi nonverbal.

Kaos murah yang kita pakai bisa menampilkan pelbagai fungsi. Sebagai bentuk komunikasi, kaos murah bisa menyampaikan pesan artifaktual yang bersifat nonverbal. Kaos murah bisa melindungi kita dari cuaca buruk atau dalam olahraga tertentu dari kemungkinan cedera. Kaos juga juga mambantu kita mnyembunyikan bagain-bagian tertentu dari tubuh kita dan karenanya kaos murah sebagai pakaian memiliki suatu fungsi kesopanan (modesty function). Menurut Desmond Morris, dalam Manwatching: A Field Guide to Human Behavior (1977), pakaian juga menampilkan peran sebagai pajangan budaya (cultural display) karena ia mengomunikasikan afiliasi budaya kita. Mengenali negara atau daerah asal-usul seseorang dari pakaian/kaos murah yang mereka kenakan. Kaos bisa menunjukkan identitas nasional dan kultural pemakainya.

Orang membuat kesimpulan tentang siapa anda sebagian juga lewat apa yang anda pakai. Apakah kesimpulan tersebut terbukti akurat atau tidak, tak ayal ia akan memengaruhi pikiran orang tentang anda dan bagaimana mereka bersikap pada anda. Kelas sosial anda, keseriusan atau kesantaian anda, sikap anda, afiliasi politik anda, keglamoran atau keeleganan anda, sense of style anda dan bahkan mungkin kreatifitas anda akan dinilai sebagaian dari cara anda berbusana.

(Visited 34 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






3 + = 8