Blog

Sablon dengan Teknik Separasi Total

Ditengah era digital seperti sekarang sablon manual semakin tersisih oleh sablon digital (digital printing), namun sablon manual tidak akan mati karena mempunyai kelebihan dari pada sablon digital. Salah satunya adalah sablon kaos murah , walau tidak sebagus hasil sablon digital namun keawetan warna, ketahanan waktu di cuci dan ketahanan warna terhadap sinar matahari jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil digital printing.

Lantas bagaiman cara untuk menghasilkan sablonan yang menyerupai digital printing? Jawabannya adalah dengan teknik sablon sparasi total. Apa itu sparasi total? Sparasi total adalah teknik cetak dengan cara penggagungan dari kompenen-kompenen yang ada pada sebuah gambar. Dapat pula didefinisikan teknik cetak dengan penggabungan warna-warna proses (Prosess Color) yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan Black (K) yang sering disebut disebut dengan warna CMYK. Perpaduan  (kombinasi/percampuran) dari keempat warna tersebutlah dapat dihasilkan berbagai macam warna yang menyusun suatu gambar yang utuh (full color).

Untuk menghasilkan hasil sablon kaos murah dengan teknik sparasi total adalah dengan cara menyiapkan film dari gambar yang hendak dicetak. Gambar yang hendak dicetak dipecah menjadi 4 buah film sablon yaitu warna CMYK. Caranya memecah kompenen warna tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop, berikut kami jelaskan langkah-langkah pecah warna berdasarkan kompenen pendukung warna dari sebuah gambar (foto):

1.    Buka file yang akan dicetak (sablon sparasi)

Untitled
2.    Ubah system warna dari file dari system RGB ke sitem CMYK

langkah2Ubah sistem warna file ke CMYK. Klik menu Image > Mode > CMYK Color

3.    Pisahkan channel dari gamabar yag telah diubah ke system CMYK tersebut

langkah3
Perhatikan tab Layers sebelah kanan klik tab Channels, mode-nya sudah berubah menjadi CMYK.  Pisahkan channel, klik tanda panah kecil di pojok kanan atas tab Channels tersebut lalu pilih Split channels.

hasilpisahchannelMaka sekarang file anda akan terpisah masing-masing channel-nya yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan Black (K)

4.    Buat raster atau titik-titik dari tiap channel yang telah dipisahkan di atas.

langkah4Buat raster atau titik-titik dari tiap channel yang telah dipisahkan. Contoh channel yang pertama atau Cyan. Klik Menu Image > Mode > Bitmap

boxsetingPbitmapAkan muncul box setting untuk parameter Bitmap. Pada kotak Output Resolution isi 300 dan pada Method Use pilih Halftone Screen  dan klik OK.

box parameter Halftone ScreenLalu akan muncul box parameter Halftone Screen Isi Frequency = 70,  Angle = 100 dan Shape = Ellipse Untuk Angle tiap-tiap channel berbeda-beda yaitu : C=100, M=15, Y=0, K=45. Hasilnya akan seperti ini.

hasilrasterhasilrusterdiperbesarBisa dilihat sekarang file foto channel Cyan sudah terbentuk dot rasternya (titik-titik). Lakukan langkah 5-7 pada semua channel dan perhatikan nilai Angle tiap warna channel.

Sekarang tinggal print dikalkir dan film siap untuk di afdruk, bagi yang belum bisa afdruk film sablon silakan baca caranya di sini. Berikut contoh hasil menggunakan separasi raster untuk sablon kaos manual:

hasilsablonrasterSelamat mencoba….!

by: @ImamSy25

Supportedby:

Elite Clothing Industri/ tempat bikin kaos murah dan berkuatas/ pabrik kaos murah di Jogja / menerima pesanan kaos dalam partai kecil atau besar/ bisa bikin kaos satuan di jogja dan seluruh indonesia/ menerima pesanan kaos polos murah di Jogja dan seluruh indonesia/ menerima pesanan kaos murah komunitas di jogja dan seluruh Indonesia/ menerima kaos murah promosi di jogja dan seluruh Indonesia/ kaos murah di jogja/ menerima pemesanan kaos murah di jogja/ terima kaos satuan atau kaos partai besar di Jogja dan seluruh indonesia/ Koas Identitas di Jogja/ gudang kaos murah di Jogja

(Visited 398 times, 1 visits today)

This Post Has 4 Comments

  1. R Hellin HS says:

    makasih, barangnya udah nyampe, saya sangat puas dengan karya anda, bahan+sablonannya sesuai dengan yg saya pesan.. goodjob.. =)

Leave A Reply






6 + = 11