Blog

Proses Afdrek Film ke Screen Sablon

Pada proses pembuatan kaos murah, proses afdrek merupakan bagian yang sangat penting. Afdrek di sini adalah memindahkan gambar dari kertas film ke screen sablon dengan menggunakan zat peka cahanya dan penyinaran. Hasil baik buruknya afdrek ini akan mempengaruhi hasil sablon pada kaos murah. Jika hasil afdreknya baik, hasil sablon pada kaos murah pun baik, namun jika sebaliknya proses afdrek banyak cacatnya maka gambar hasil sablon akan jelek. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kerugian yang sangat tidak diinginkan.

Proses afdrek film ke gambar dimulai dari gambar hasil tracing dan pecah warna yang telah diprint/dicetak (jangan lupa untuk menyematkan tanda cross pada setiap gambar). Jika mencetak gambar pada kertas film (kertas kalkir) maka film dapat langsung diafdrek, namun jika cetak dilakukan pada kertas HVS biasa makan film tersebut harus diolesi dengan minya goreng, hal tersebut dimaksudka untuk mendapatkan film yang tembus cahaya. Untuk kebutuhan afdrek, film harus tembus cahaya.

hasil pecah warna1hasil pecah warna2Setelah persiapan film selesai, lanjutkan dengan persiapan screen. Screen yang hendak diafdrek dipersiapkan terlebih dahulu, jika screen bekas digunakan untuk proses sablon maka screen harus dihapus terlebih dahulu (penghapusan screen akan dibahas pada post tersendiri). Setelah screen siap, oleskan zat peka cahanya (bisa merk Bremol atau merek yang lainnya) pada screen secara merata. Setelah itu keringkan creen dengan cara dioven atau menggunakan hairdryer sampai benar-benar kering, jika tidak benar-benar kering akan berakibat pada hasil afdrekan yang tidak baik bahkan bisa gagal. Proses pengolesan zat peka cahaya dan pengeringan ini harus dilakukan di ruangan yang tertutup (intensitas cahaya diatur seminimal mungkin), hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan zat peka caha sebelum proses afdrek selesai. Sebagai pengetahuan bahwa zat peka cahaya sangat cepat bereaksi jika terkena cahaya secara langsung.

Setelah zat peka cahaya benar-benar kering, kemudian lakukan penyinaran dengan menggunakan cahanya matahari selama 10 detik saat panas terik dan 25 detik saat agak mendung, atau dengan lampu neon (meja afdrek) selama 10 menit dengan neon 40 watt. Sebelum penyinaran dimulai, persiapkan scdreen dan film pada meja afdrek seperti posisi dibawah ini:

meja afdrekSetelah proses afdrek selesai, screen dilepas dan segera siram denga air dan lakukan penyemprotan pada bagian-bagian motif gambar untuk melepaskan zat peka cahanya yang tidak bereaksi pada bagian tersebut. Lakukan proses ini sampai motif/gambar sesuai dengan yang diinginkan. Setelah selesai, screen dijemur sampai kering sehingga siap digunakan untuk digunakan menyablon kaos murah.

Selamat mencoba..!

by: @ImamSy25

Supportedby:

Elite Clothing Industri/ tempat bikin kaos murah dan berkuatas/ pabrik kaos murah di Jogja / menerima pesanan kaos dalam partai kecil atau besar/ bisa bikin kaos satuan di jogja dan seluruh indonesia/ menerima pesanan kaos polos murah di Jogja dan seluruh indonesia/ menerima pesanan kaos murah komunitas di jogja dan seluruh Indonesia/ menerima kaos murah promosi di jogja dan seluruh Indonesia/ kaos murah di jogja/ menerima pemesanan kaos murah di jogja/ terima kaos satuan atau kaos partai besar di Jogja dan seluruh indonesia/ Koas Identitas di Jogja/ gudang kaos murah di Jogja

(Visited 819 times, 1 visits today)

This Post Has 2 Comments

Leave A Reply






2 + = 10

wa