Blog

Bisnis Kaos Murah

Dewasa ini, perkembangan industri tekstil mulai bergeliat kembali, meskipun jika dilihat secara makro ekonomi (industri sekala besar) industri tekstil termasuk ke dalam salah satu industri yang masih mengalami stagnanisasi pertumbuhan yang diakibatkan beberapa hal. Namun dilihat secara mikro ekonomi (industri mikro, kecil, dan menengah) industri tekstil merupakan industri yang terus tumbuh dan berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan desain busana yang terjadi di masyarakat terutama trend yang terjadi pada anak muda. Banyak produsen garmen/konveksi yang menciptakan produk-produk dengan disain terbaru yang fashionable membidik pasar kalangan anak muda yang memang merupakan pasar dimana trend fashion sedang diagungkan, dan merupakan pangsa pasar yang sangat besar dimana lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia merupakan penduduk usia muda. Salah satu produk fashion yang berkembang saat ini adalah T-shirt atau sering disebut kaos.

Kaos merupakan busana yang fleksibel dipakai, dapat digunakan pada saat-saat santai, nyaman dipakai, tidak begitu panas ketika cuacanya panas. Selain itu, kaos juga merupakan produk garmen yang mudah dibuat variasinya, terutama pada sisi desain gambarnya serta murah dalam proses produksinya. Desain gambarnya dapat kita bentuk sesuai yang kita inginkan, jika kita ingin foto diri sendiri berada di kaos kita, langsung saja foto kita dibuat film untuk kemudian disablon atau diprint secara digital. Maka dari itulah kaos banyak digemari oleh banyak orang terutama kalangan anak muda, dimana anak muda adalah masa-masa yang penuh dengan inovasi selain memang harga dari kaos murah. Bahkan bukan hanya anak muda, semua kalangan dari usia muda sampai usia tua pun banyak yang menggunakan kaos.

Potensi Pariwisata Yang Terbuka Luas

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai sumber daya alamnya, salah satunya adalah potensi keindahan alamnya. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bentangan wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke merupakan gugusan keindahan yang tiada putus, sehingga potensi pengembangan pariwisata sangat besar. Seperti yang ada saat ini, banyak terdapat pusat-pusat pariwisata yang terkenal di daerah seperti Jogja, Bali, Lombok, dll. Seiring berjalanya waktu, tidak dipungkiri bahwa pusat wisata akan terus berkembang tidak hanya pada daerah-daerah tadi sehingga akan membuka peluang pengembangan ekonomi baru.

Pengelolaan pariwisata yang baik akan menyediakan peluang guna pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan yang salah satunya adalah membuka potensi yang sangat besar terhadap produk-produk cindera mata. Menyasar pada potensi pasar cindera mata di daerah wisata inilah salah satu peluang besar pada produk kaos murah. Kaos dapat didisain dengan kearifan lokal yang menjadi kekhasan dari suatu daerah wisata sehingga dapat menjadi cindera mata yang layak buat dibawa pulang oleh wisatawan. Sehingga tidak dipungkiri lagi bahwa membawa cindera mata kaos dari daerah tertentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi wisatawan.

Merupakan Salah Satu Industry Kreatif

Seiring dengan semangat penumbuhan ekonomi yang dicanangkan negara kita saat ini yaitu dimana ekonomi kreatif sedang gencar-gencarnya didorong guna ditumbuhkembangkan. Salah satu kompenen dari ekonomi kreatif adalah industri kreatif yang berkontribusi pada produk domestic bruto (PDB) sekitar 7-8 persen dan produk fashion (salah satunya adalah produk kaos murah) merupakan salah satu dari penyumbang terbesar dari sektor industri kreatif yaitu produk fashion mampu menyumbang 43% dari total kinerja industri kreatif di dalam negeri, sedangkan kerajinan memberi kontribusi sebesar 25%. Bahkan industri fashion dan kerajinan memberi kontribusi besar terhadap pendapatan domistik bruto (PDB) Indonesia (sumber: http://kemenperin.go.id/artikel/1786/Potensi-Industri-Kreatif-Perlu-Dikembangkan ).

Bersamaan dengan momentum pengembangan industri kreatif inilah produk kaos murah mencoba untuk menjadi bagian dari salah bagian dari industri kreatif yang layak dikembangkan.

(Visited 23 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






5 + = 14

wa