Blog

Obat Afdrek pada Sablon Manual

Kaos Murah – Kalau kemaren kita membahas mengenai alat yang dipakai pada proses afdrek (sengkapnya bisa dibaca di sini), kali ini kita akan membahas mengenai obat afdrek Itu sendiri. Apa Itu obat afdrek? Kegunaanya apa saja untuk proses afdrek?

Obat afdrek merupakan cairan kental yang berfungsi untuk melapisi kain screen dan menghasilkan efek stensil (lubang) pada bagian motif di screen melalui proses photokimia. Sifat obat afdrek ini sangat peka terhadap cahaya, jika terkena cahaya secara langsung, obat afdrek ini akan langsung bereaksi.

Di pasaran, obat afdrek di jual dengan paket dua buah komponen. Satu botol berisikan cairan kental atau sering disebut emulsion. Satu botol lagi berisikan cairan orange atau sering disebut kalium/sensitizer (SR).

Fungsi dari kedua cairan Itu sendiri kalau digabung Sudan pasti menjadi obat afdrek atau zat peka cahaya, namun secara bagian, kedua cairan tersebut memiliki fungsi sendiri. Cairan kental atau disebut juga emulsion mempunyai fungsi sebagai cairan yang menutupi pori-pori kain screen sehingga dapat menahan cairan Latin agar tidal menembus screen (permeable). Sensitizer sendiri berfungsi sebagai zat peka cahaya. Pada saat keduanya dicampurkan, akan terjadi reaksi kimia. Terjadi pengerasan lapisan emulsion saat terkena cahaya. Pengerasan emulsion inilah yang nantinya akan menahan tinta Sablon agar tidak menembus screen.

Berdasarkan sifatnya, emulsion dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah emulsion yang tahan terhadap air, sering digunakan pada Sablon tinta berbsis air (waterbase). Yang kedua adalah emulsion yang tahan terhadap minyak sehingga cocok digunakan untuk proses Sablon dengan tinta berbasis minyak (Solventbase).

Di pasaran sangat obat afdrek dengan beragam merek. Jika ingin membeli obat afdrek, baiknya sebutkan kebutuhan obat afdrek berdasarkan proses Sablon. Mau sablon pake tinta basis air atau basis minyak. Half ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan.

(Visited 75 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 2 = 9

wa