Blog

Meningkatkan Perekonomian Melalui Bisnis Creative

Melihat perkembangan yang signifikan peran UKM juga sebagai penyumbang PDB terbesar diindonesia. Pada tahun 2007 hingga tahun 2012 menunjukan peningkatan jumlah PDB UKM dari Rp 2,107,868.10 menjadi Rp 4,869,568.10 milyar.

Hal tersebut menunjukan bagaimana peran UKM sangat dominan dalam pertumbuhan ekonomi indonesia. Sehingga dapat memacu pada arah menuju UKM yang lebih baik dalam hal ekonomi dan pemberdayaan nya. UKM juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar.  Hampir semua usaha besar berawal dari UKM. UKM harus terus meningkatkan kreatifitasnya agar tetap maju dan bersaing dengan perusahaan besar.

Jika UKM tidak ada di indonesia, indonsia tidak maju dan berkembang, berkembangnya UKM diindonesia dipacu oleh langkah-langkah yang semata-mata tidak merupakan langkah yang harus diambil oleh pemerintah dan merupakan tanggung jawab dari pemerintah itu sendiri. UKM juga didukung oleh sektor perbankan yang sangat penting terutama dalam hal pendanaan seperti peminjaman. Khususnya dalam hal modal apalagi merupakan investor dari dalam atau luar negeri tidak dapat kita lupakan , karena itu merupakan pemacu supaya UKM dapat menambah peluang lebih bagus.

Dan terdapat juga hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan UKM yaitu : kondisi kerja, promosi usaha baru, alses informasi, akses pembicaraan, akses pasar, peningkatan kualitas produk dan SDM.

Sesuai Visi misi Dinas Koperasi dan UKM DIY yaitu meningkatkan kualitas hidup, kehidupan dan penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, Dinas Koperasi dan UKM DIY mencoba menyelenggarakan event expo produk secara berkala dengan harapan  sinergi yang kuat antara pelaku UKM dengan Dinas Koperasi dan UKM tersendiri.

20190430_111609

Setelah muter-muter dan mewancari UKM yang dipamerkan pada gelaran produk, ternyata sudah banyak produk UKM yang dinikmati dari masyarakat lokal maupun daerah lain. Tentunya dengan adanya pameran UKM ini kami bisa mengenalkan dengan bangga produk yang kami buat, ujar salah satu peserta pameran.

Yang bikin saya terpesona adalah Batik yang dimiliki oleh UKM Soedrajat Batik (Griya batik & jahit) yang tergantung karena sangat mencolok dan membuat saya menghampiri stand tersebut. Setelah saya mewancari Batik soedrajat batik ini memiliki khas tersendiri untuk memikat Pelanggannya, selain di batik ini memasang Free garansi ukuran juga terdapat ke istimewaannya tersendiri yaitu adanya cap SD di batik Gamis yang saya pegang , itu katanya si pemilik UKM untuk Menjadi ciri khas di Griya batik Soedrajat batik dan UKM ini tersendiri terbentuk pada tahun 2002 , saya lalu melongok . Iya selama ini , karena kita mengunggulkan kualitas dan kepuasan pelanggan tidak heran jikalau satu harga kain bisa seharga Rp. 250.000 dan untuk baju bisa mencapai Harga Rp. 1.000.000. Untuk kedepannya supaya agar adanya wadah untuk berkreasi kedepanya , itu pesan yang dilontarkan Salah satu penjaga Di UKM Soedrajat setelah saya wawancarai tentang adanya pameran UKM.

20190430_111358
Kemudian saya berjalan Menuju UKM Yang unik Yaitu UKM Coklat Makaryo . Yang bikin saya menarik adalah branding nya, Saya baru pertama kali melihat yang coklat yang seperti ini . Sampul Coklatnya bisa sesuai pesenan, mau gambar kartun. Untuk acara seminar bisa dipesan di UKM ini Tetapi Minimal Pesenan 100 Buah. Jika ingin membuat branding tersendiri tetapi harga nya sama, Ujar Ibu pemilik Coklat Makaryo. Bukan hanya dari Yogya saja yang memesan tetapi daerah seperti Pangkalpinang, Jakarta dan daerah lainnya memesan online dan diantar kan melalui jasa pengiriman barang. Harapan kedepan bisa mendatangkan Investor untuk menyuntik dana untuk membuka toko dipinggir jalan atau sebagai bahan edukasi anak-anak untuk belajar, ujarnya beliau.

(Visited 3 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 9 = 18

wa