Blog

Mengenal Kesuksesan Kaos Distro UNKL347

Tempat Bikin Kaos - Semua orang pasti sudah tahu kota lahirnya distro keren di Indonesia. Ya, kota Bandung! Di sana identik dengan industri kreatifnya. Hal ini tentu tidak lepas dari institusi pendidikan yang ada di Bandung yang berhasil melahirkan talenta-talenta berbakat yang kreatif dan inovatif. Maka tidak heran dengan beragam kreatifitas dari kota ini, salah satunya ialah seni desain. Hasil dari seni desain ini berupa distro clothing.

Pemilik distro clothing yang telah muda mendunia ditahun 90-an adalah Dendy Darman. Ia adalah pemuda kelahiran Makasar yang menyukai dunia seni rupa dan grafis. Hal ini membawanya untuk belajar seni di Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB Bandung.

Di kota inilah passion nya dikembangkan, seni desain grafis membuat Dendy mengaktualisasikan hasil keseniannya pada media kaos distro. Selain pada desain grafis, Dendy juga sangat tergila-gila pada musik. Keterlibatannya dengan komunitas band Indie ternyata membuka jalan baginya untuk memproduksi kaos hasil desainnya dipakai oleh personel band Indie. Selain mendesain kaos Dendy juga aktif mendesain cover album band-band Indie.

Kegiatannya dalam mendesain semakin intens setelah Dendy Darman kos di Jalan Dago 347.tempat kos ini menjadi base camp band Indie dan komunitas pecinta desain. Pada tahun 1996 dari rumah kos di Jalan Dago 347 ini Dendy memulai bisnis kecil-kecilan. Bermodalkan kecintaannya pada desain grafis yang diaplikasikan pada teknik sablon pada kaos distro, brand UNKL347 ini berasal.

Baca Juga Artikel Rahasia Sukses Strategi Pemasaran Bisnis Kaos Distro

Promosi yang dilakukan awalnya hanya dari mulut ke mulut, dan juga sering dipakai oleh personel band Indie, maka kaos distro produk Dendy semakin dikenal oleh pecinta band Indie hingga komunitas surfing dan skateboard. Seiring berjalannya waktu clothing 347 menjadi brand awal UNKL347 hingga semakin mendulang kesuksesan.

Pada akhir tahun 2006 brand 347 berevolusi menjadi UNKL347. Outletnya yang berada di Jalan Trunojoyo Bandung selalu dipenuhi pembeli. Selain di Bnadung dan kota-kota besar di Indonesia UNKL347 sudah berekspansi ke luar negeri seperti Australia, Singapura, Jerman dan Selandia Baru.

Waktu berlalu dan sudah berjalan sekian lama kini kaos distro UNKL347 telah memiliki ratusan karyawan. Dengan semakin banyaknya karyawan, Dendy beserta ketiga pendiri UNKl347, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara tidak bekerja asal-asalan. Karena saat ini mereka menghidupi ratusan keluarga, sehingga mereka harus memastikan bahwa bisnisnya harus selalu berkembang. Yang mereka andalkan adalah harus selalu jaga desain grafis agar selalu kreatif dan inovatif, sehingga bisa mampu bertahan meskipun banyak pesaing yang muncul.

Satu lagi pesan dari Dendy bahwa kita harus cinta apa yang menjadi passion kita. Karena dengan passion yang kita miliki kita akan  jauh lebih kuat dalam menghadapi tantangan dalam bisnis. 

(Visited 17 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






2 + = 6