Blog

Mengenal Jenis Katun Combet Berdasarkan Gramasinya

Kaos Murah – Banyak klien yang menanyakan kepada kami perbedaan antara combet 20s, 24s, 30s, dan 40s. ada pula yang menanyakan sebenarnya yang paling bagus combed dengan nomer berapa? Menanggapi banyaknya pertanyaan dari klien mengenai hal tersebut, pada postingan kali ini kami coba menjabarkan mengenai jenis-jenis cotton combeb tersebut.

Cotton Combed merupakan salah satu jenis kain katun yang sangat halus. Proses pembuatan katun combet termasuk istimewa, untuk menghasilkan kain yang halus, serat katun diproses secara khusus sebelum diputar di mesin pemintal untuk menghasilkan benang. Benang yang dihasilkan pada proses tersebut saat dirajut akan menghaslkan kain kaos yang lebih rata karena serat benangnya yang halus.

Dibandingkan dengan kain katun lainnya, cotton combed cenderung lebih mahal. Hal ini tidak lain dikarenakan kualitas dari bahan memang lebih bagus dibandingkan dengan katun lainnya. Bahan cotton combed memiliki sifat tidak panas dan mudah menyerap keringat karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas alami, sehingga sering digunakan sebagai bahan pakaian santai maupun pakaian olahraga. Kaos dengan bahan cotton combed sangat cocok digunakan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia karena sifatnya yang menyerap keringat.

KATALOG BERSAMA COMBED (FILEminimizer)

Perbedaan Nomor ‘S’ Pada Cotton Combed 

Secara garis besar, diantara nomor-nomor “S” yang ada di katun combed seperti 20s, 24s, 30s, dan 40s, perbedaan utamanya adalah pada ketebalan katun combed tersebut. Semakin kecil nomor “S” maka semakin tebal kain katun combednya, pun sebaliknya semakin besar nomor “S” maka semakin tipis kain katun combed tersebut. Hal ini dikarenakan perbedaan penggunaan bahan benang yang dirajut.

Angka 20, 24, 30, dan 40 sebenarnya merupakan penomoran pada tipe benang. Benang 20 biasanya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Benang 24 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 170 – 210 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Benang 30 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal sedangkan untuk rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2. Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal, untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2. Semakin kecil angkanya,semakin tebal kainnya dan semakin besar angkanya maka kainnya akan semakin tipis.

Penempatan huruf ‘s’ di belakang angka pada cotton combed menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos. ‘s’ adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan ini rapat, padat, kurang lentur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini. Selain single knit, juga ada double knit atau rajutan jarum ganda, bahan dapat digunakan bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Bahan kaos double knit ditandai dengan huruf ‘d’ di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak.

Apakah tebal tipis dari kain katun combet mempengaruhi kualitasnya?

Jawabannya tentu tidak. Tebal tipis kain tidak mempengaruhi kualitas dari baha yang digunakan. Tebal tipis pada kain kaos adalah selera. Pengalaman kami menanani ribuan klien, untuk klien-klen daerah perkotaan cenderung mereka menyukai kain cotton combed dengan nomor 302/40s, sedangkan untuk klien yang berasal dari pedesaan biasanya mereka jenderung suka yang lebih tebal, biasanya kami menggunakan nomor 24s/20s. Atau untuk orang-orang yang memiliki berat badan di atas rata-rata, mereka cenderung memilih bahan kaos yang tipis dibandingkan yang tebal. Atau daerah yang cenderung panas, biasanya mereka lebih suka pakai bahan yang lebih tipis.

Jadi soal tebal tipis adalah soal selera. Kalau dilihat dari bahan, tentu sama, sama-sama menggunakan bahan dasar serat kapas yang telah diolah terlebih dahulu sehingga menghasilka bahan yang halus, soft, menyerap keringat, dan juga kuat. Bagaimana, sudah tahu katun dengan spesifikasi mana yang akan Anda pakai?

(Visited 479 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 3 = 7