Blog

Tips Mudah Mengafdrek Screen Sablon

Kaos Murah - Proses sablon pada proses pembuatan kaos merupakan salah satu proses yang sangat penting. Dibutuhkan keteletian dan keterampilan khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak sedikit yang mengabaikan proses sablon kaos, ahirnya hasilpun jauh dari harapan.

Salah satu rangkaian proses dalam sablon kaos distro adalah proses afdrek film ke screen. Tahap ini bahkan menjadi nyawa bagi keberhasilan proses sablon itu sendiri. Mengapa demikian? Ya, tahap afdrek screen menentukain baik tidaknya hasil afdrekan screen sehingga menghasilkan motif yang presisi pada screen. Jika tidak, akibatnya adalah pada hasil ahir sablonan yang tidak sesuai dengan harapan.

Sebagaimana pernah kami tulis di artikel ‘Sablon Karet Pada Kaos Murah‘, proses sablon adalah suatu proses untuk mewarnai bahan tekstil dengan melekatkan zat warna pada kain secara tidak merata sesuai dengan motif yang diinginkan. Fungsi dari proses afdrek inilah yang nantinya akan menentukan hasil pewarnyaan parsial pada kain kaos.

Fungsi dari proses afdrek adalah untuk menutup pori-pori kain secreen pada bagian tertentu dan tidak pada bagian motif yang ingin dicetak. Dari bagian screen yang tidak tertutup screen inilah nantinya zat warna dapat diteruskan dan membentuk motif sesuai yang diinginkan. Jika proses ini tidak sempurnya, bisa jadi akan terjadi kebocoran screen pada sana sini, hasilnya tentu akan meresak motif. Jika ingin mengetahui lebih lanjut dari pengertian proses afrdek, silahkan baca pada artikel berjudul berikut, ‘Proses Afdrek Film Screen Sablon‘.

Untuk menghasilkan screen afdekan yang optimal, diperlukan alat khusus afdrek berupa meja kaca lenggap dengan pencahayaannya. Namun bagi Anda yang belum mempunyai meja afdrek sendiri jangan berkecil hati. Anda bisa pakai sistem pencahayaan matahari di siang hari.

Prinsip zat afdrek adalahstuktur kimianya akan menjadi mati dan menggumpal sehingga akan menutupi pori-pori dari screen pada saat terkena cahaya secara langsung. Sedangkan pada bagian screen yang tidak terkena cahaya zat afdrek tidak akan menggumpal dan akan larut pada saat disemprot air. Pada bagian screen yang tidak tertutup zat afdrek itulah nantinya yang akan dipakai jalan pasta cap ke bahan.

Tentu afdrek menggunakan cahaya matahari akan membutuhkan perlakuan yang berbeda, terutama pada waktu proses afdreknya. Kalau pakai cahaya lampu dengan total 45 watt, butuh waktu sekitar 3 menit, dengan cahaya matahari hanya butuh waktu 15-20 detik saja tergantung dari intensitas cahayanya. Jika tidak maka screen akan tertutup semua oleh zat afdrek, dan tentu screen tidak akan bisa digunakan dan harus dihapus. Untuk mengetahui proses menghapus kain screen yang sudah dilapisi dengan zat afdrek dapat di baca di atrikel, ‘Obat Penghapus Screen Sablon Kaos‘.

Bagaimana, mudah bukan proses afdrek dengan cahaya matahari? Selain mudah tentunya irit :D . Selamat mencoba!

(Visited 46 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






7 + = 12