Blog

Cara Jitu Memasarkan Bisnis Kaos

Kaos Murah – Salah satu faktor penting berhasil atau tidaknya bisnis kaos distro adalah ada pada strategi pemasaran yang dipakai, tentu selain ketepatan memilih segmentasi pasarnya sendiri. Mengenai segmentasi pasar bisnis kaos distro ini sudah kami ulas pada artikel sebelumnya yang berjudul ‘Memetakan Target Pasar Bisnis Kaos Distro‘. Jika Anda belum membacanya, Kami sarankan Anda baca terlebih dahulu artikel tersebut.

Salah satu kenapa setiap pebisnis kaos distro harus memetakan siapa calon konsumennya dengan baik adalah untuk dipakai sebagai bahan merumuskan strategi pemasaran yang lebih baik dan terencana pada bisnis kaos. Dapat dilustrasi kira-kira seperti ini jika pelaku bisnis kaos tidak benar membidik pasar dengan baik. ‘Seorang pelaku usaha jilbab yang menawarkan produknya dengan membuka lapak di depan gereja, pasti jilbab jualanya tidak akan laku. Kalaupun laku pasti hanya satu dua’. Si penjual sudah salah menentukan target marketnya, efeknya pun akan tidak tepat dalam memilih tempat sebagai tempat jualannya. Sudah tahu pemakai jilbab adalah umat muslim, eh kok buka lapak di depan gereja.

Sama halnya dengan bisnis kaos murah, kalau tidak tepat dalam menentukan segmentasi pasar tentu apapun strategi pemasaran yang akan digunakan akan sia-sia. Bukannya pembelian yang didapatkan justru penolakan yang dihasilkan. Tentu hal ini hanya akan banyak membuang energi dari bisnis kaos distro itu sendiri. Maka catatan dari artikel tersebut adalah sangat penting menentukan segmentasi pasar yang tepat, semakin mengerucut dan semakin detail akan semakin bagus dalam hal perumusan strategi pemasarannya.

Pada artikel yang lain, yang kami kasih judul ‘Mengerucutkan Segmentasi Pasar Bisnis Kaos Distro‘, kami lebih merinci lagi siapa kira-kira segementasi pasar yang bisa digarap oleh pelaku usaha kaos distro. Segmentasi pasar yang bisa digarap oleh bisnis kaos distro diantaranya adalah pelajar sekolah, mahasiswa, serta suatu komunitas di suatu daerah.

Kenapa kira-kira kami batasi untuk suatu daerah saja? Tentu saja kami tidak akan membatasi sebuah wilayah pasar, apa lagi saat ini media untuk menjangkau pasar lebih luas sangat terbuka sekali. Pada artikel kali ini kami lebih membahas strategi offline di bandingkan online. Jadi untuk segementasi pasar kaos distro kami batasi untuk suatu wilayah tertentu saja. Tujuannya adalah agar strategi pemasaran kaos akan lebih fokus.

Ya, untuk memasarkan kaos distro ada dua metode yang saat ini bisa digunakan seperti pada paragraf di atas. Offline dan Online. Strategi pemasara kaos secara online akan kami bahas pada artikel-artikel berikutnya. Lantas bagaimana strategi pemasaran kaos dengan metode offline?

Pelaku usaha kaos distro dapat menerapkan strategi seperti pembuatan outlet yang letaknya mendekat kepada calon konsumen. Setelah itu, buatlah papan nama distro sebagai penunjuk lokasi. Pelaku bisnis kaos distro juga bida membuat spanduk atau baliho besar yang isinya adalah kampane atau pertanyaan. Usahakan jangan langsung menawarkan produk, buat audiens bertanya-tanya dulu. Setelah mereka penasaran barulah arahkan ke distro.

Segementasi yang hendak disasar oleh bisnis kaos distro yang pelajar, mahasiswa, juga komunitas sudah sangat mahfum dengan berbagai macam kegiatan kampus maupun organisasinya. Bahkan sekalanya tidak tanggung-tanggung, sampai sekala nasional. Cobalah sesekali akrab dengan mereka dengan cara memberikan sponsor kegiatan. Jika Anda belum bisa memberikan sponsor berupa chas, janga kawatir. Anda mash bisa memberikan penawaran sponsorship dengan penawaran bikin kaos melalui distro Anda dengan diskon yang besar. jadikan diskon tersebut sebagai bentuk sponsorship yang distro Anda berikan kepada mereka.

Sesekali ikutilah event pameran indi clothing/distro, kenalkan distro Anda ke komunitas pelaku bisnis distro juga kepada masyarakat umum. Siapa tahu dari situ distro Anda akan dikenal banyak orang dan menjadi pilihan mereka.

Jangan pelit untuk memberikan penawaran menarik kepada konsumen, misal diskon, hadiah, bonus, dll. Tujuannya adalah untuk menarik semakin banyak orang untuk berbelanja di distro Anda. Bahkan tak tanggung-tanggung, metode ini bisa menjadi viral yang terus-menerus disebarka ke banyak orang. ‘Eh kalau belanja di distro itu dapat diskon gede lho, masih dapet hadiah lagi untuk pembelanjaan senilai tertentu. Rekomended deh pokoknya’ begitu kira-kira yang akan mereka viralkan. Menarik bukan?

Langkah terahir adalah bersilaturahmi. Perbanyaklah bersilaturahmi dengan banyak orang. O ya, jangan lupa untuk membuat kartunya. Bikinlah sekreatif mungkin. Dan berikanlah kepada orang yaang anda ajak bersilaturahmi. Dengan begitu harapanya bisnis distro akan semakin banyak dikenal oleh khalayak umum.

Selamat mencoba!

(Visited 105 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






8 + = 17