Blog

DTG Print

Kaos Murah -  DTG Print atau kepanjangan dari direct to garment printer adalah mesin cetak yang khusus digunakan untuk mencetak langsung ke kain. Prinsip kerjanya sama dengan prinsip kerja printer-printer pada umumnya, namun media yang diprint saja yang berbeda. Kalau pada umumnya priter itu untuk mencetak di media kertas, DTG Print digunakan unntuk mencetak di atas bahan kain atau kaos murah.

Pada DTG Print, kaos murah yang telah di print harus diperlakukan sama dengan metode sablon kaos manual, yaitu harus dipress dengan menggunakan mesin press pada suhu tinggi. Hal ini berfungsi agar tinta merekat ke permukaan kaos sehingga hasil dari printnya tidak luntur.

DTG Print pada dasarnya masuk dalam katagori sablon digital, namun secara teknis ada yang membedakan diantara keduanya. Sablon digital menggunakan media kertas tranfer pada saat proses pemindahan desain ke bahan, sedangkan DTG Print tidak memerlukan. Dari hasil cetakan, DTG Print jauh lebih awet dibandingkan dengan sablon digital, karena menggunakan media kertas trasnfer, hasil cetakannya cenderung cepat mengelupas.

DTG Print sangat disarankan untuk digunakan dalam usaha kaos murah. Kenapa begitu? Hasil cetakan dari DTG Print memiliki kualitas yang baik, bisa mencetak fullwarna pada bahan kaos murah. Proses pengerjaan pada DTG Print tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya seperti kita sedang mengeprint foto pada kertas saja. Selain itu, dengan menggunakan DTG Print, kita dapat melayani konsumen dengan tidak harus menggunakan minimal order seperti halnya pada sablon manuai. Pesan kaos satuan pun bisa dikerjakan dengan DTG Print.

Pada DTG Print ada dua mesin yang berbeda dalam penggunaannya. Pertama adalah DTG Print kusus untuk kain putih saja. Pada print ini tidak dilengkapi dengan tinta bewarna putih karena memang tujuannya untuk proses print di kaos putih sehingga jika digunakan untuk kaos murah berwarna gelap warnanya tidak akan muncul. DTG Print kedua adalah DTG Print yang kusus untuk mencetak kaos berwarna/berwarna gelap. Pada printer ini dilengkapi dengan tinta putih sehingga bisa digunakan di kain berwarna. Prinsip kerjanya adalah dengan cara pencetakan tinta putih terlebih dahulu lantas ditimpa dengan tinta warnanya sehingga warnanya akan timbul.

(Visited 76 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






7 + 9 =