Blog

Mengenal Tenik Sablon Manual

Kaos Murah – Pada postingan sebelumnya kami telah memaparkan mengenai jenis-jenis sablon. Dijelaskan pada potingan tersebut bahwa sablon dibagi menjadi tiga jenis. Yang pertama sablon manual, yang kedua sablon digital, dan yang terahir adalah sablon DTG. Apa saja pengertian ketiga jenis sablon tersebut bisa dibaca di sini.

Sablon manual merupakan salah satu teknik sablon yang dikerjakan secara manual. Teknik pengerjaannya banyak menggunakan alat. Beberapa alat yang dipakai untuk proses sablon diantaranya ada screen, rakel, meja afdrek, meja sablon, dan alat press. Jika dalam bentuk usaha konveksi maka ditambah seperangkat mesin jahit kaos.

Di sisi lain, selain banyak penggunaan alat, proses sablon manual juga mempunyai beberapa tahapan produksi. Di mana setiap tahapan produksi tersebut kesemuanya mempunyai peranan yang penting. Tahapan-tahapan dalam proses sablon manual diantaranya seperti proses pembuatan film, proses afdrek gambar, dan tahap penyablonan itu sendiri.

Setiap tahapan pada sablon manual mempunyai langkah kerjanya masing-masing, pada postingan berikutnya akan kami uraikan lebih lanjut mengenai langkah kerja pada tahapan proses sablon manual.

Pada sablon manual, kualitas hasil sablonan sangat dipengaruhi oleh screen yang digunakan, untuk mengetahui jenis-jenis screen secara lengkap bisa dibaca di sini. Ada beberapa screen sablon, dimana kegunaannya berbeda pada proses sablon bahan-bahan tertentu. Semisal unuk sablon bahan kaos, screen yang cocok digunakan adalah T61 atau T77. Sedangkan untuk menyablon bahan plastic, baiknya digunakan screen dengan nomor T180 atau T200. Begitu juga dengan bahan-bahan yang lainnya.

(Visited 13 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 9 = 14