Blog

Cara Mengafdrek Screen pada Sablon Manual

Kaos Murah – Halo agan-agan semua, tim redaksi #kaosmurah kembali hadir lagi nih setelah beberapa saat menghilang karena kesibukan, hehe. Para agan pecinta dunia persablonan atau bahasa kerennya tukang sablon :D , atau yang lagi mau belajar bisnis sablon, di postingan kami yang terahir kemaren, kami telah menyuguhkan bagaimana cara membuat film sablon, selengkapnya dapat agan baca di sini. Film tersebut sangat penting dalam proses sablon selanjutnya. Setelah kita punya film lantas tahapan berikutnya adalah tahap pengafdrekan screen, bahan utamanya adalah film tersebut.

Proses afdruk adalah suatu proses penduplikasian atau pemindahan motif dari kertas film ke media screen. Tujuan dari proses pengafdrukan agar screen dapat digunakan untuk proses sablon. Output yang dihaslkan dari proses afdruk adalah screen yang terdapat motif sebagai tempat jalannya pasta cap pada proses sablon nantinya.

Cara pengafdrukan ada dua, memakai metode penyinaran matahari atau dengan metode penyinaran lampu neon. Prinsip kedua metode tersebut adalah sama, yaitu mengekspose (menyinari) permukaan screen yang sebelumnya telah diolesi dengan obat peka cahaya/obat afdruk/emulsion. Fungsi dari obat afdruk adalah untuk membuat motif pada screen. Prinsipnya adalah obat afdrek di screen yng langsung terkena sinar akan mengeras sehingga menutup pori-pori dari screen tersebut, sedangkan pada bagian film yang terdapat motifnya, obat afdruk tidak akan mengeras sehingga setelah selesai proses penyinaran, obat afdrek yang menempel pada bagaian itu akan larut terbawa air sehingga pori-pori screen akan berlubang lagi. Pada bagian tersebutlah nantinya akan membentuk motif pada bahan yang disablon.

Berikut adalah cara bagaimana mengafdrek screen:

  1. Campurkan obat afdruk dengan cairan berwarna kekuningan yang terdapat dalam kemasan obat afdruk. Ket: pada penjualan obat afdruk, antara obat afdruk dan SR dibungkus terpisah, hal ini untuk menghindari kerusakan pada obat afdruk sebelum pemakaian. Aduk merata campuran tersebut.
  2. Oleskan campuran obat afdruk tadi merata tipis ke dalam screen.
  3. Keringkan screen yang telah diolesi campurn obat afdrek di tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung. Bisa memakai heirdryer.
  4. Setelah kering, susun kertas film berada di atas permukaan screen secara terbalik. Untuk lebih detainya bisa lihat di gambar berikut.
  5. Lakukan penyinaran dengan menggunakan terik matahari selama 30 detik atau menggunakan lampu neon 60 Watt selama 6-8 menit.
  6. Setelah selesai penyinaran, siram/semprot screen tersebut dengan air, pastikan pada motif obat afdreknya larut dengan sempurna.
  7. Keringkan screen tersebut.
  8. Perbaiki hasil afdruk jika ada yang cacat dengan menggunakan campuran obat afdrek tadi.
  9. Olesi screen tersebut dengan katalis guna menguatkan ketahanan obat afdruk dari gesekan rakel pada saat penyablonan.
  10. Dan screen siap digunakan.
(Visited 116 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






6 + 1 =