Blog

Jangan Ragu, Bikin Puas Pelangganmu

Kaos Murah – Anda pernah pegi ke pulau dewata bali? Jika sudah kami yain anda pasti kenal cindra mata yang satu ini. Bentuknya berupa kaos, apa lagi kalau bukan kaos Joger. Ya,,,, kaos Joger begitu dikenal di kalangan wisatawan, bahkan ada adigium yang berbunyi, tidak ke Bali jika belum membawa kaos Joger. Begitu melekatnya brand kaos yang satu ini pada pulau dewata yang memang menjadi tujuan utama destinasi wisata tanah air.

Pada beberapa waktu yang lalu, kami pernah membahas mengenai kaos Joger ini, tepatnya ada di tulisan berikut. Namun tidak ada salahnya kami mengangkat kembali bahasan ini, karena memang strategi bisnis yang diterapkan Joger hingga mampu menjadi besar sangat menarik untuk dipelajari.

Mr. Josep Theodorus Wulianadi adalah pemilik tunggal dari Joger. Dengan prinsip yang beliau anut, bisnis yang sedang dijalankan mampu tumbuh dengan pesar. Sederhana saja sebenarnya prinsip bisnis yang beliau pegang. “Menjalankan bisnis dengan hati, jangan lupa bikin konsumen puas sepuas-puasnya”, papar Mr. Josep menerangkan prinsip yang beliau pegang.

Sangat sederhana jika dilihat dari setruktus katanya, hanya bisnis dengan hati dan kepuasan konsumen yang harus dijaga. Namun esensi dari kedua setruktur tersebut yang mempunyai arti cukup dalam, bahkan mungkin sulit untuk dijalankan. Betapa tidak, coba kita tengok dunia bisnis saat ini orang berlomba-lomba mendapatkan keuntungan dengan cara instan.

Dalam dunia bisnis modern saat ini, kecenderungan pelaku bisnis ingin meraup keuntungan besar dengan tempo sesingkat-singkatnya tanpa memperhatikan nilai kepuasan batin dan kepuasan pelangan. Apapun itu, yang penting dapet untung banyak. Tidak hanya satu dua pelaku bisnis, mungkin bisa dikatakan rata-rata begitu.

Berbeda dengan prinsip Mr. Josep dalam membesarkan Joger. Beliau menjalankan bisnis karena memang berbekal kesukaan beliau di bisnis kaos. Jika memang sudah dengan hati, maka menjalankan bisnis akan jauh lebih ringan dan menyenangkan.  Tidak terburu-buru untuk dapat keuntungan besar. Tahap demi tahap bisnis dilalui dengan kenikmatan.

Produk boleh saja bagus, namun jauh lebih penting lagi jika produk yang kita tawarkan akan memuaskan pelanggan. Begitulah yang Mr. Josep terapkan dalam bisnis Joger. Kepuasan pelanggan sangat beliau pegang dengan baik.

Menjaga kepuasan pelanggan akan produk maupun jasa yang kita tawarkan akan berefek domino. Di sisi konsumen pemakai merasa puas, konsumen tersebut dengan sengaja atau tidak sengaja pasti akan menawarkan produk tersebut kepada orang-orang sekitarnya. Hal ini berdasarkan kecenderungan sifat individu seseorang, jika mendapatkan pengalaman yang menyenangkan maka dia akan dengan suka cita meneruskan cerita tersebut kepada orang lain. Dan Mr. Josep jeli melihat yang seperti ini, hingga ahirnya Joger berkembang dengan pesat sebagai kaos oleh-oleh bali.

Strategi pengembangan bisnis Joger di atas baru sebatas prinsip berbisnis, masih ada yang lainnya. Apa saja itu? Tunggu updatean-updatean selanjutnya.

(Visited 35 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 7 = 10