Blog

Tinta Sablon Spesial Efek

Kaos Murah -  Pada postigan yang lalu kami telah membahas mengenai tinta sablon berbasis air (waterbase) selengkapnya dapat dibaca di sini. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tintas sablon untuk bahan kaos murah dengan efek spesial, tidak dimiliki oleh tinta sablon jenis lain. Tinta apa saja itu? Berikut kami uraikan satu per satu.

Tinta Discharge (cabut warna): Tinta jenis ini digunakan untuk menghasilkan efek cabut warna pada kain kaos berbahan dasar katun. Selain katun, bahan kaos yang bisa dicabut warna juga harus diwarnai dengan zat warna reaktif. Hal ini dikarenakan tinta discharge hanya dapat bekerja pada kain yang telah diwarnai dengan dengan zat warna reaktif. Arti dari sablon cabut warna adalah proses sablon dengan zat tertentu yang tujuannya untuk mencabut warna dasar pada bahan kain kaos.

Tinta Glitters: Berdasarkan teori pencapan, sebenarnya jenis ini tidak dapat disebut sebagai tinta sablon. Komponen dari jenis ini ada dua, Lem dan Serbuk Gliter. Penggunaannya pun seikit ada tembahan dibantingkan dengan tinta sablon lainnya. Lem disablonkan terlebih dahulu ke bahan lalu ditaburi dengan serbuk gliter sesuai dengn warna yang diinginkn.

Tinta Elastic Binder: Tinta jenis ini berkarakter sangat elastic/lentur. Biasanya digunkan untuk menyablon bahan dengan pori-poti besar dan lentur, termasuk kaos murah.

Tinta Plastisol: Tinta jenis plastisol mempunyai keunggulan dibantingkan dengan tinta berbasis air atau tinta berbasis minyak. Beberapa keunggulannya diantaranya tidak murah kering di screen, daya tutup tinta sangat baik, mudah dibut efek timbul dengan cara disablonkan tebal di atas bahan. Kelemahan jenis tinta ini pada proses pengeringannya membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan harus dibantu dengan alat pengering sendiri yang harganya mahal. Selain itu, jenis tinta ini ketika sudah berada di bahan kaos murah, tidak dapat disetrika atau dry clean karena dapat merusak hasil sablonan. Beberapa jenis tinta ini diantaranya: all purpose ink, high opacity, high density plastisol, cork base, natural base, dll.

Foil Transfer: Sama persis dengan jenis gliter, foil transfer bukan tinta sablon. Persis seperti gliter, kalau pada gliter, yang ditaburkan adalah serbuk, maka pada foil ini yang ditempelkan berbentuk kertas foil.

Flocking: Jenis ini juga bukan tinta sablon. Secara prinsip sama dengan gliter dan foil, bedanya hanya pada flocking efeknya adalah beludru.

Tinta Glow In The Dark: Tinta jenis ini memiliki karakteristik mengeluarkan cahaya di tempat gelap. Efek keluarnya cahaya ini disebabkan oleh bahan tinta ini sendiri yang terdiri dari serbuk fosfor yang mampu menyerap cahaya dan memendarkan kembali cahaya tersebut di tempat gelap dengan tinta yang berkarakteristik transparent seperti rubber tranparant atau tinta extender. Tinja jenis ini hanya dapat menghasilkan efek maksimal jika disablonkan di atas warna terang.

Crack Binder: karakteristik tinta ini dapat dilihat dari hasil sablonnya yang mampu mengeluarkan efek retakan secara natural. Baik digunakan pada sablon bertemakan vintage atau grunge.

(Visited 75 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






6 + = 11