Blog

Tinta Sablon Berbasis Air (Waterbase)

Kaos Murah – Sudah barang tentu, komponen utama dari proses sablon kaos selain dari peralatan adalah adalah tinta sablon itu sendiri. Tanpa adanya tinta sablon / pasta cap lantas apa yang akan disablonkan ke bahan kaos murah. Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan mengenai tinta sablon/pasta cap beserta pembagian tinta sablon berdasarkan jenisnya. Berdasarkan jenisnya, tinta sablon dibagi menjadi dua. Pembagian ini berdasarkan struktur penyusunannya. Tinta sablon berbasis air (waterbase) dan tinta sablon berbasis minyak (solventbase). Selain kedua jenis tinta tersebut, juga ada satu jenis tinta tersendiri, bisa disebut dengan tinta special. Namun pada artikel ini kami hanya membahas yang pertama tinta sablon berbasis air. Sedangkan untuk tinta sablon yang berbasis minyak akan kami uraikan pada artikel setelah ini.

Tinta berbasis air sendiri dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan penggunaan dan fungsinya. Berikut kami uraikan pembagian tinta sablon berbasis air:

Tinta Rubber /Karet: Karakteristik rubber seperti karet yang dapat melar bila ditarik (memiliki elastisitas baik). Di pasaran, tinta jenis ini banyak dijual dengan beragam kualitas. Ada yang baik ada juga yang kurang baik. Karakteristik rubber yang bagus dapat kita lihat dari daya tutupnya, lembut atau kasar hasil sablonannya, juga keelastisannya. Tinta jenis ini biasanya digunakan di atas bahan tekstil, terutama pada bahan kaos murah.

Tinta Rubber Transparant: Rubber transparent termasuk ke dalam jenis tinta sablon rubber, namun karakteristiknya transparent. Jenis tinta ini sangat cocok untuk sablon raster/sparasi yang mana butuh banyak warna.

Tinta Extender/Medium: Karakteristik jenis tinta ini adalah transparent/bening, tidak cocok jika dipakai untuk sablon di bahan berwarna gelap. Hasil sablonan pada bahan kaos murah, permukaannya halus, hal ini disebabkan karena tinta ini meresap ke pori-pori bahan kaos murah.

Tinta Superwhite: Tinta jenis ini sering dipakai untuk sablon dengan hasil efek vintage atau grunge yang samar-samar. Selain itu juga digunakan untuk sablon raster dengan hasil gradasi warna pada bahan kaos murah.

Tinta Metalic: Jika kita ingin menghasilkan sablonan berwarna emas atau perak bisa menggunakan tinta jenis ini. Di pasaran jenis tinta ini terbagi menjadi dua komponen, binder metalik dan sabuk metalik. Campur dengan merata kedua komponen tinta ini setiap kali akan menyablon.

(Visited 69 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






5 + 4 =