Blog

Ryo dan Desain Keberhasilan Rown

Kaos Murah – Karakter wirausaha bisa dibentuk dari lingkungan, begitulah sekiranya yang dialami oleh Kusdarmawan Ryo Baskoro. Sejak berada di sekolah dasar sudah belajar berwirausaha dengan ikut kedua orang tuanya berdagan membuat Ryo memiliki karakter pengusaha yang kuat.

Sejak berada di bangku sekolah menengah atas, bakat seninya mulai terasah. Bakat desain yang kuat dia tuangkan dalam kain sarung pantai. Sarung-sarung pantai tersebut dia jual. Beranjak ke bangku kuliah, Ryo mulai membuka bisnis kaos distro bersama rekan-rekannya. Yang pada saat itu niatnya hanya iseng namun berubah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan menjual produk kaos murah dengan merek Ankles meraka mencoba menyasar komunitas skateboard.

Seiring berjalannya waktu, usaha kaos murah /kaos distro yang Ryo rintis bersama rekan-rekannya berhasil ditutup dengan sukses. Namun bukan seorang Ryo kalau pantang menyerah. Meski usaha distro pertama bubar, namun Ryo masih melihat peluang usaha ini cukup terbuka lebar. Ia pun mulai mendesain kaos murah besutannya, dan di luar dugaan, desain kaos murah besutannya cukup diminati oleh banyak orang.

Dengan mengusung merek Rown (Ryo Ouw) pria kelahiran Solo 9 November 1984 mulai dilirik orang dan mampu menjadi brand yang cukup kuat. Bisa dikatakan tak kalah dengan kaos distro dari Bandung. Menempati gerai ukuran 3m x 10m dan dibantu tiga karyawan pada awalnya, saat ini Ryo mampu mempekerjakan lebih dari 50 karyawan. Gerai yang awalnya sempit Ia sulap menjadi raungan yang mewah berukuran 360 meter persegi.

Kesuksesan Rown tidak terlepas dari strategi yang Ryo pakai, dengan cerdik Ia memanfaatkan peluang dengan menjadi beberapa sponsor acara anak mudah. Beberapa kegiatan sponsor yang pernah ryo jalankan diantranya menseponsori Efek Rumah Kaca, acara MTV Ampuh, MTV 100%, dan juga berbagai film televisi (FTV). Strategi yang Ryo terapkan sangat sukses membesarkan usahanya.

Selain strategi sponsorship, Ryo juga menerapkan strategi meluncurakan desain kaos murah baru setiap harinya. Tidak terbatas pada kaos murah, produk yang Ryo suguhkan di Rown ada jaket, t- shirt, sepatu, jaket, kemeja atau jins. Jika kita masuk ke Rown akan selalu ada desain baru. Selain di jual di outlet sendiri, Ryo juga mengembangkan jaringan pemasaran kaos murah dengan menjalin kemitraan dengan distro lain di kota di hampir seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

Dengan mengusung Rown Divisions, dalam satu bulan Ryo mampu memproduksi 3.000 hingga 4.000 kemeja, 2.000 pasang sepatu, 3.000 potong celana jins, dan yang terbanyak adalah sekitar 25.000 potong kaos murah. Guna menjaga keekslusifan produk Rown, Ryo membatasi jumlah setiap desainnya hanya diproduksi sebanyak 30 pcs.

(Visited 75 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 2 = 7