Blog

Alat Sablon Manual: Rakel

Kaos Murah – Beberapa waktu yang lalu kami telah membahas beberapa peralatan sablon seperti gambar negative yang dapat dibaca di sini, juga secren yang dapat dibaca di sini. Kali ini kami akan membahas mengenai rakel, salah satu peralatan sablon yang berfungsi untuk mendorong atau menyapu pasta cap dari permukaan screen ke permukaan kaos murah.

Sebagai alat penyapu, rakel terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah gagang rakel yang bisa terbuat dari kayu atau alumunium. Bagian kedua adalah karet penyapu, letaknya di ujung gagang rakel. Karet rakel bebrbentuk blades/pisa pada ujung sisinya, ada juga yang berujung lancip, kotak, bulat, dsb. Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan sebagai berikut:

  1. Rakel Tumpul, seperti namanya, rakel ini berbentuk datar dengan sudut dua yang tumpul. Sifat dari rakel ini mampu menyapu banyak tinta sehingga cocok untuk menyablon kaos murah, handuk, dan slimut.
  2. Rakel Bulat, ujung dari rakel ini berbentuk bulat sehingga hanya mampu menyapu pasta cap dalam jumlah banyak dan tebal sehingga cocok untuk menyablon tinta yang berwana menyala dan kontras.
  3. Rakel Lancip, bentuk dari rakel lancip adalah khas pada dua sisi miring simetris di ujung rakel sehingga tampak lancip dan tajam. Rakel ini sangat cocok untuk sablon raster.
  4. Rakel Lancip dengan Ujung Datar, seperti halnya rakel lancip bentuk dimensinya, namun di paling ujung bentuknya datar sehingga mampu menyalurkan tinta yang bebih banyak dibandingkan rakel lancip. Rakel ini cocok digunkan saat menyablon kramik dan kain parasit.
  5. Rakel Miring, rakel ini mempunyai satu permukaan miring dengan ujung lancip. Dari bentuknya, rakel ini hanya mampu memindahkan tinta dalam jumlah terbatas sehingga hanya cocok untuk menyablon media plastic.
  6. Rakel kotak, seperti namanya yang kotak, dimensi dari rakel ini pun datar dengan kedua sudut lancip. Rakel ini cocok digunakan untuk menyablon media kertas dengan tekstur kasar.

Demikian tadi berbagai macam jenis rakel dan kegunaannya, sehingga kita bisamemilah rakel mana yang paling cocok digunakan untuk keperluan sablo kita. semoga bermanfaat.

(Visited 53 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






1 + = 5