Blog

Alat-Alat Sablon Manual: Screen

Kaos Murah – Pada post sebelumnya kita telah membahas dalam satu alat yang digunakan untuk Sablon kaos murah manual, Film Negatif yang sengkapnya dapat dibaca di sini. Dalam sablon kaos murah, tidak ada alat yang painting. Yang ada adalah semua alat Sablon kaos murah sangat penting. Setiap alat mempunyai fungsinya masing-masing, juga dengan screen.

Fungsi dari screen dalam untuk memegang gambar yang terdapat di permukaan kain kasa/screen. Maksudnya adalah screen bertugas sebagai perjemah dari gamar negatif, melalui screen inilah pasta cap di alirkan/dipindahkan dengan menggunakan rake dari atas screen ke permukaan kaos murah. Hasil sablonannya nantinya akan sama persis dengan desain yang dibuat.

Kain kasa/screen biasanya terbuat dari bahan nilon dan polyester. Bahan-bahan tersebut dicetak mendi kain kasa dengan ketebalan tertentu. Tipe S atau Small merupakan tipe yang paling tipis. Tipe ini sangat cocok untuk Sablon nada lengkap (halftone) dan gambar seni. Tipe M atau Medium, screen dengan ketebalan benang medium, cocok until Sablon halftone yang Kaspar. Tipe T atau Thick, tipe dengan benang yang tebal, cocok untik untuk segala jenis pekerjaan Sablon. Tipe terahir adalah tips HD atau Heavy Duty. Benang sangat ekstra tebal sehingga cocok untuk Sablon yg sifatnya blok. Semua jenis kain kasa tersebut umumnya berwarna Putih, namun ada beberapa yang berwarna kuning, jingga, dan merah.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari proses penyablonan, ada beberapa kriteria dari screen yang dipakai untuk Sablon kaos murah. Kain kasa harus memiliki daya lentur atau fleksibelitas yang baik. Hal ini dikarenakan pada saat pemasangan kain kasa ke bingkai screen akan mengalami penarikan. Selain Itu, pada saat proses Sablon kaos murah berlangsung, screen tidak boleh benar-benar menyentuh permukaan kaos murah. Harus ada jarak sekirat 3-5 millimeter, hal ini berarti kain kasa akan mengalami penarikan lagi pada saat menyablon.

Pori-pori kain kasa/screen tidak berubah atau bergeser, hal ini berfungsi untuk pengendalian penyaluran pasta cap. Selain Itu kain screen juga harus than terhadap bahan kimia. Seperti kita ketahui bersama, dalam proses Sablon kaos murah dari awal sampai ahir, screen akan selalu kontak dengan bahan-bahan kimia seperti pasta cap sendiri, pencuci, afdruk, dll. Agar kain screen tidak mudah rusak maka harus than terhadap bahan kimia.

Kain screen harus Judah dibersihkan, ini menjadi sangat penting sehingga kain screen bias terus dipakai berulang-ulang. Selama proses Sablon, maka kain screen akan sering mendapatkan kontak gesekan dengan alat lain, oleh karena Itu screen harus tahan terhadap gesekan.

Kain screen harus mempunyai pori-pori yang beragam, hal ini dimaksudkan agar bisa mencetak berbagai jenis bahan dan berbagai jenis gambar biar dicetak dengan menggunakan Sablon kaos murah. Variasi kepadatan atau kerapatan benang panda screen akan sangat mempengaruhi hasil Sablon, untuk Itu variasinya harus beragam sehingga mempunyai pilihan yang cocok untuk kebutuhan sablon kaos murah.

(Visited 46 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






4 + 2 =