Blog

Alat-Alat Sablon Manual: Gambar Negatif / Negatif Film

Kaos Murah – Seperti pada artikel sebelumanya, sablon kaos murah memerlukan tahapan yang cukup panjang. Dari persiapan gambar yang harus dipecah sesuai dengan bagian-bagian warnanya sampai ke proses sablon kaos murah yang dengan pilihan banyak jenis tint a sablonnya serta diahiri dengan proses press. Proses produksi kaos mutah memang agak cukup panjang, belum lagi ditambah proses cutting bahan kaos murah dan jahit kaos murah. Meskipun prosesnya panjang, jika sudah mengetahui seluk beluknya usaha kaos murah sangat menyenangkan dan menghasilkan.

Pada artikel-artikel setelahnya, kami akan mengurai mengenai alat-alat Sablon kaos murah, dan pada kesempatan ini kami uraikan alat yang pertama, Gambar Negatif. Gambar negatif adalah gambar yang berfungi untuk memblok cahaya saat proses penyinaran (afdruk). Kenapa cahaya harus diblok? Obat afdruk sifatnya sangat peka terhadap cahaya, jika terkena cahaya secara langsung akan terjadi pengerasan/penyatuan yg menutup pori-pori screen. Dengan adanya gambar negatif, cahaya akan terblok pada bagian-bagian gambar negatif, bagian-bagian ini tidak akan terjadi pengerasan sehingga bias larut east disemprot dengan air. Dan bagian-bagian inilah yang akan membentuk motif pada kaos murah atau bahan lainnya.

Gambar negatif dapat dihasilankan dari pemecahan gambar yang akan disablon di is murah. Gambar dipecah warnanya sesuai dengan warns masing-masing, semisal ada me rah, mining, hijau, dll. Gambar yang dipecah warnanya tadi lantas dicetak Hitam Putih di atas kertas HVS atau kertas kalkir. Pada saat pencetakan film ini baiknya menggunakan printer yang mengsilkan tinta yang pekat di kertas. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada lubang-lubang putih di motif. Jika hal ini terjadi maka proses afdrek tidak akan sempurna nantinya sehingga bisa mengakibatkan afdruk ulang.

Guna menghindari afdruk ulang, dalam pembuatan film negatif harus di buat dengan baik. Kriteria baik tidaknya sebuah film negatif bisa dilihat pada indikator berikut ini:
- Kertas harus transparan, semakin transparan semakin bail
- Pakai kertas yang tahan pemuaian saat prizes print, jika tidak, akan terjadi pergeseran letak hasil print.
- Pakailah tinta yang Hitam paket untuk menghasilkan gambar yang solid.

Adapun kertas yang dapat untuk mencetak gambar negatif diantaranya kertas kalkir, koda trace (lembaran plastik transparan), repro film (lembaran plastik) dan HVS biasa. Untuk penggunaan kertas HVS, perlu perlakuan khusus saat proses afdruk berlangsung. Kertas hvs yang telah diprint gambar negatif harus diolesi minyak terbih dahulu. Hal ini disebabkan sifat dari HVS sendiri yang tidal transparan. Penggunaan minyak pada HVS tidak lain until membuat HVS jadi transparan sehingga Judah pada saat proses afdruk.

Di atas tadi uraian mengenai alat Sablon kaos yang pertama, dan masih banyak lagi yang akan kami ulas. Semoga bermanfaat.

(Visited 188 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






9 + 7 =