Blog

Proses Sablon Manual Pada Kaos

Kaos Murah – Pada artikel sebelumnya kami telah membahas bagaimana cara membuat kaos, selengkapnya dapat dibaca disini, jenis-jenis bahan kaos murah (selengkapnya dapat dibaca disini), cara memotong bahan kaos (dapat dibaca disini) serta cara membuat pola kaos (selengkapnya dapat dibaca disini). Setelah kita mengetahui cara memotong bahan kaos, maka tahapan berikutnya adalah tahapan menyablon. Bagaimana cara menyablon kaos sebenarnya? Kami akan paparkan pada tulisan berikut ini.

Pencapan atau sablon kaos murah merupakan proses mewarnai permukaan bahan kaos dengan menggunakan pasta cap secara tidak merata sesuai dengan motif yang dibuat. Pasta cap yang bisa digunakan untuk sablon kaos murah ada beberapa diantaranya ruber, super white, plastisol, busa dan lainnya, untuk lebih lengkapnya akan kami bahas pada postingan berikutnya.

Seperti kami jelaskan di atas, bahwa proses sablon merupakan proses pewarnaan sebagian tempat saja sesuai dengan motif yang diinginkan. Motif yang ingin dibuat sebelum disablonkan ke bahan kaos murah, awalnya harus dibuat terlebih dahulu pada kertas. Gambar yang dibuat dikertas tersebut lantas diafdrek ke screen dengan menggunakan zat afdrek. Bagaimana proses afdrek film pada sablon kaos selengkapnya akan kami ulas pada artikel tersendiri.

Motif yang telah diafdrek ke screen bisa langsung digunakan untuk menyablon. Sebelumnya perlu kami informasikan bahwa proses afdrek film ke screen pada prinsipnya adalah memindahkan gambar dari kertas ke screen, dimana dalam screen tersebut bagian-bagian yang tidak ada gambarnya akan tertutup oleh zat afdrek/peka cahaya sedangkan untuk bagian-bagian yang merupakan gambar akan berlubang sehingga dapat meneruskan pasta cap ke bahan kaos yang akan disablon.

Berikut kami sajikan langkah-langkah proses sablon kaos murah sesuai dengan urutannya.

  1. Kain bahan kaos yang telah dipotong sesuai pola kaos dipasang (direkatkan) pada papan sablon dengan posisi terbuka sempurna dan rata pada papan sablon.
  2. Letakkan screen tepat berada pada kain bahan kaos murah yang akan disablon. Ket: screen telah dilakukan afdrek.
  3. Letakan pasta cap pada bagian atas kasa screen bagian tepi (jangan mengenai motif)
  4. Tahan frame agar mengepres pada bahan, lantas sapukan pasata cap tesebut secara merata ke bagian motif dengan menggunakan rakel
  5. Pada proses sablón kaos murah, penarikan rakel harus kuat dan menekan ke bawah agar dapat mendorong zat warna masuk ke motif dan menempel ke bahan kaos
  6. Lepaskan screen ke atas, lantas keringkan motif sablonan yang telah dibuat dengan hair dryer
  7. Ulangi proses sablon seperti pada langkah nomor 4 (proses ini paling tidak dilakukan sebanyak tiga kali. Dalam pengulangan ini, harap diperhatikan untuk penempatan screen. Secreen sablon harus sesuai letaknya dengan proses sablon pertama. Hal ini guna menghindari terjadinya tumpukan motif dengan overlap
  8. Lakukan proses pengeringan, bisa dengan menggunakan hair dryer
  9. Setelah kering, lakukan pengepresan dengan menggunakan heatpress pada suhu ± 1600C selama 20 detik
  10. Bahan kaos siap untuk dijahit. by +bossmalas

(Visited 49 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






+ 3 = 8