Blog

Cara Membuat Pola Kaos

Pada beberapa waktu yang lalu, kami telah mempublish artikel mengenai cara memotong bahan kaos murah. Memotong bahan kaos bukanlah pekerjaan yang sulit, asal sudah faham tekniknya maka akan gampang, untuk mempelajari teknik memotong bahan kaos murah bisadibaca di sini. Pada artikel tersebut belum kami jelaskan bagaimana sih caranya membuat pola kaos? O ya, sebelum melakukan pemotongan bahan kaos tentunya kita harus membuat pola kaos, bisa pola sekali pakai maupun pola permanen yang bisa dipakai berkali-kali. Guna memudahkan dan mempercepat proses pemotogan bahan kaos maka sebaiknya dibuat pola yang permanen. Pola kaos dibuat pada kertas yang tebal, bisa dengan kertas karton sehingga awet bisa dipakai untuk menjiplak pola pada bahan kaos berkali-kali.

potong kaos1

Bagaimana cara membuat pola kaos?

Sudah barang tentu, dalam proses pembuatan kaos murah selalu membutuhkan pola kaos. Terbata banyak jenis pola pada kaos tergantung dari model kaos yang diinginkan. Semakin model kaos rumit maka membuat polanya pun semakin rumit. Kami tidak akan membahas mengenai pembuatan pola kaos yang rumit, cukup pola kaos standar saja. Menjiplak kaos murah yang sudah ada.

Siapkan kaos standar ukuran distro minimal empat ukuran dari S sampai XL, hal ini berguna sebagai ukuran standar yang bisa dipakai untuk pembuatan kaos nantinya. Caranya, bentangkan kaos di meja atau dilantai. Pastikan permukaan kaos benar-benar rata. Setelah itu, lipat kaos tepat ditengah-tengan kaos arah atas-bawah badan, satukan lengan kanan dengan lengan kiri. Ratakan lagi kaos yang telah dilipat tadi.

Siapkan kertas karton tebal, bentangkan di meja atau lanti, lalu letakan lipatan kaos murah di atas bentangan kertas karton tadi. Kembali ratakan permukaan kaos, habis itu jiplak kaos ada kertas karton tadi. Untuk bagian badan kaos, tandai lingkaran leher belakan dan leher depan, tanjadi juga pada gari lengan (dari bahu sampai ketiak) lalu tarik garis, maka akan didapat pola kaos sesuai dengan ukuran kaos jadi.

pola kaos 2

Hasil jiplakan di atas tentunya belum sempurnya, untuk bagian badan, tambahkan masing masin ½ cm pada sisi samping hasil jiplakan, tambahkan juga sekitar 3-4 cm pada bagian bawah badan. Pada lengan tambahkan lebar ½ cm pada sisi mirin pas bagian ketiak, sedangkan pada ujung lengan tambahkan 3-4 cm. penambahan ini berfungsi untuk memberikan ruang untuk jaditan.

Lalu tarik garis pada titik yang telah dibuat garis tadi, maka pola kaos murah sudah bisa dipakai guna membuat pola kaos pada bahan yang hendak di potong. Sekali lagi, buat pola ini minimal empat ukuran, dari S sampai XL. Selamat mencoba.

(Visited 20,617 times, 28 visits today)

This Post Has 6 Comments

Leave A Reply






6 + 3 =