Blog

Mengenal jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas mengenai alur proses pembuatan kaos, untuk selengkapnya dapat dibaca disini. Pada artikel tersebut kami juga mengatakan akan membahas secara tuntas bagaimana proses produksi kaos murah. Sebagai lanjutan dari artikel tersebut, pada artikel kali ini kami akan memaparkan mengenai jenis-jenis kain yang biasa digunakan untuk bahan kaos murah.

Kain bahan dasar pembuat kaos sangat beragam, dari mulai yang punya sifat nyaman, menyerap keringat sampai ke yang bersifat panas dan tidak menyerap keringat. Pada umumnya, untuk kaos murah yang sering digunakan untuk pakaian sehari-hari, bahan yang bersifat nyaman dan menyerap keringat banyak digunakan. Berikut kami sajikan beberapa jenis bahan pembuat kaos murah dalam nama dagang dari Jenis-jenis Bahan Kain Kaos murah.

Kain-Cotton-Katun-untuk-bahan-Kaos-11

Katun Combet

Bahan katun combed merupakan jenis bahan kain kaos yang terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Katun combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Secara structural katun Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapih. Di pasaran, ada beberapa jenis kain combed yang beredar. Pengelompukan ini didasarkan kepada jenis benang yang digunakan serta setting gramasinya (gr/m2). Pengemlompokannya diantaran sebagai berikut:  katun combed 20s, 24s, 30s dan katun combet 40s. Secara kasat mata, kain katun combet 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 40s memiliki ketebalan yang paling tipis.

Katun Cardet

Seperti halnya katun combet, katun kardet juga berasal dari 100% serat alami. Namun ada perbedaan dengan kain katun combet, apa itu? Dibandingkan dengan kain katun combed , kain katun cardet memiliki serat benang yang kurang halus, boleh dibilang kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. Kain katun kardet di pasaran umumnya hanya ada dua jenis, 20s dan 30s, namun paling banyak adalah kain kardet yang 20s. Dari segi harga, kain kaatun combet lebih murah dibandingkan dengan kain katun kartdet.

Polyester atau PE

Polyester merupakan jenis bahan kain kaos yang berasal dari serat sintetis/serat buatan. Serat buatn ini terbuat dari bahan ester (hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Jenis bahan kain polyester memiliki kenampakan secara fisik sebagai berikut: kain lebih tipis dibandingkan dengan katun, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga menimbulakan efek sangat panas ketika dipakai.

TC (Teteron Cotton)

Guna mengkombinasikan antara serat alam dan serat buatan, sehingga didapatkan kombinasi kain antara serat alam dan buatan maka diciptakan teknologi guna menggabungkan kedua serat tersebut salah satunya adalah TC. Jenis bahan kain kaos ini merupakan campuran dari 35% katun combed dan 65% polyester. Sifat dari TC hamper seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.

Viscose

Viscose biasa juga disebut rayon. Sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

CVC (Cotton Viscose)

Jenis bahankaos ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

Hyget

Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai.

Demikian beberapa jenis bahan kain kaos murah yang sering digunakan untuk bahan pembuatan kaos murah. Masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Pemakain jenis bahan pembuat kaos murah pun disesuaikan dengan keperluan. Simisal untuk keperluan olah raga, jenis bahan dari serat buatan akan jauh lebih tepat dibandingkan memakai bahan kaos murah yang dari serat alam. Pun demikian, bahan untuk kaos santai tentunya jauh akan lebih nyaman jika memakai bahan kaos dari katun dibandingkan dengan dari polyester.

(Visited 661 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






5 + = 10