Blog

Cara Memotong Bahan Kaos

Dalam proses pembuatan kaos murah, tahap pertama yang harus dilakukan adalah tahap persiapan bahan, dalam hal ini adalah tahap memotong kaos atau yang lebih sering disebut sebagai proses cutting. Banyak orang beranggapan proses memotong bahan konveksi baik kaos murah maupun bahan konveksi yang lainnya itu susah dan ribet. Namun jika sudah tahu metodenya kami jamin orang yang awalnya mengatakan susah akan berbalik mengatkan mudah.

Proses pemotongan bahan kaos kalau dapat kami beri nilai terhadap seberapa pentingnya, maka tahap pemotongan kaos merupakan salah satu tahap pembutatan kaos yang paling penting. Kenyaman kaos pada saat dipakai merupakan pertaruhan dari proses pemotongan bahan. Proses pemotongan bahan kaos murah yang baik, sesuai dengan pola kaos yang ada maka kaos akan nyaman dipakai saat telah jadi. Namun sebaliknya, jika proses pemotongan bahan kaos tidak sesuai dengan pola kaos maka kaos akan cenderung kurang nyaman saat dipakai.

Proses pemotongan bahan kaos dimulai dengan membentangkan bahan kaos murah pada alas yang rata, untuk memudahkan proses pemotongan bisa menggunakan meja yang agak luas. Ratakan permukaan bahan kaos yang telah dibentangkan tadi. Setelah permukaannya rata, lipat bahan kaos tersebut menjadi tiga lipatan, arahnya searah dengan panjang kain bahan kaos tersebut.  Kenapa harus dilipat tiga? Guna mempercepat proses pemotongan bahan kaos dan mengefisienkan tempat, kami sarankan menggunakan pola kaos setengah badan.

potong kaos1

Sebagai informasi, bahan kaos itu membentuk sebiah lingkaran seperti halnya kain sarung, jadi ketika dibentangkan, maka bahan kaos akan tertumpuk dua lapis, atas dan bawah. Dari kedua lapis tersebut dilipat menjadi tiga lipatan seperti langkah diatas yang salah stu sisinya harus rata. Dengan menggunakan pola kaos setengah badan maka dengan posisi tiga lipatan tersebut sekali potong akan menghasilkan tiga buah badan dari kaos (bisa bagian depan atau bagian belakang). Untuk mempercepat proses pemotongan bisa ditumpuk beberapa lipatan bahan kaos lagi.

Setelah bahan kaos dilipat, letakan diatas lipatan tersebut dengan posisi bagain samping pola kaos yang rata ada diposisi lipatan bahan kaos yang sejajar. Setelah itu gambar pola kaos tersebut dengan menggunakan kapur garmen guna menandai bagian yang akan dipotong nantinya. Selesai membuat pola diatas lipatan kaos, saatnya mememotong kaos mengikuti gambar pola yang telah dibuat.

potong kaos2

Lakukan proses seperti ini pada bagian-bagian kaos yang lainnya. Secara garis besar, bagian kaos terdapat tiga bagian, pola kaos murah bagian depan, bagian belakang, dan bagian lengan. Antara pola kaos bagian depan dan bagian belakan dibedakan dengan lingkar lehernya, pola kaos bagian depan lingkar lehernya jauh lebih lebar dibandingkan dengan lingkar leher bagian belakang. Untuk pola kaos bagian lengan, antara lengan kanan dan lengan kiri tidak ada bedanya. Sehingga untuk bagian lengan sekali potong bisa beberapa tumpuk bahan kaos murah sudah bisa dipake untuk lengan kanan dan lengan kiri.

Demikian secara garis besar proses pemotongan bahan kaos. Berhubung proses pemotongan kaos ini dapat mempengaruhi kenyamanan kaos pada saat dipakai maka kami sarankan buatlah pola kaos yang standar umum digunakan. Bagaimana membuat pola kaos yang baik akan kami posting pada artikel setelah ini.

(Visited 4,137 times, 9 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






7 + 7 =