Blog

Pentingnya Brand Dalam Bisnis Kaos Distro

“Apalah arti sebuah nama.”

Kaos Murah – Ungkapan jadul yang sangat populer ini ternyata tidak akan bisa diberlakukan dalam dunia bisnis di bidang apapun termasuk bisnis kaos murah. Guna mencapai kesuksesan bisnis kaos murh, penamaan yang tepat bagi bisnis kaos murah memegang peranan yang sangat besar.

Bisnis kaos murah tidak dapat menjadi bisnis besar dengan nama yang sangat terkenal jika pemberiaan nama di awal pendirian usaha kaos murah dilakukan dengan sembarangan. Pernahkah mendengar ada sebuah perusahaan fashion dan garment yang memiliki nama “Kios Bang Jadul” atau pernahkah kita melihat sebuah papan nama perusahaan elektronik terkemuka yang namanya dibuat secara sembarangan.

Memang ada banyak sekali perusahaan-perusahaan yang sukses dengan menggunakan nama yang diambil dari pemiliknya, ada pula yang sukses dengan keunikan namanya atau bahkan nama “nyeleneh” hasil rekayasa pun dapat membuat produk kaos murah dari perusahaan tersebut mengguncang pasar.

Mengingat pentingnya pemberiaan nama bagi bisnis kaos murah yang sedang dijalankan, maka ada banyak pertimbangan dan perhatian yang harus diberikan ketika memilih dan menentukan nama tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menentukan nama yang tepat bagi bisnis kaos murah yang kita jalankan.

  1. Dalam menentukan nama bagi bisnis kaos murah, yang harus kita lakukan untuk pertama kalinya adalah menyesuaikan nama yang diinginkan dengan karakter produk kaos murah yang dihasilkan. Kesesuaian nama dengan produk kaos murah perlu untuk dipikirkan walaupun hal ini bisa pula dipertimbangkan secara lebih fleksibel.
  2. Menggunakan nama diri bisa dilakukan seperti pemberian nama Toyota, Honda dan lain sebagainya. Namun yang harus tetap dipertimbangkan jika menggunakan nama sendiri adalah kesesuaian nama itu sendiri dengan pasar yang hendak dituju serta produk kaos murah yang dihasilkan.
  3. Nama juga hendaknya memiliki filosofi yang berarti atau mampu menggambarkan visi dan misi dari bisnis kaos murah yang kita bangun. Dengan filosofi yang terkandung di dalam nama tersebut maka apa yang hendak kita capai dari bisnis kaos murah yang kita bangun ini akan semakin nyata dan memberi semangat tambahan bagi kita sebagai pemiliknya untuk terus mengembangkan bisnis kaos murah.
  4. Nama haruslah unik dan menarik. Unik dan menarik di sini dalam artian mudah diingat dan  dapat menjadi ciri khas bagi bisnis kaos murah yang sedang dijalankan. Hindari menggunakan nama yang mirip dengan nama yang sudah banyak di pasaran, hal tersebut hanya akan membuat pelanggan menjadi sulit untuk membedakan bisnis kaos murah kita dengan bisnis pesaing. Lihat saja bagaimana Holland Bakery menjadi Holanda Bakery, atau Pangsit Mie Ayam Bang Jos dengan Pangsit Mie Ayam Bang Jo.

Untuk menentukan nama bagi perusahaankaos murah, maka kita bisa menggunakan banyak referensi dari berbagai buku, artikel, literatur, mempelajari pengalaman pemberian nama dari perusahaan-perusahaan besar atau bisa juga kita mendapatkan nama dari kamus bahasa baik itu dari kamus bahasa Indonesia maupun dari kamus bahasa asing.

Berikut ini adalah  empat nama yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi kita dalam memilih dan menentukan nama yang hendak kita gunakan bagi bisnis kaos murah kita :

  • Samsonite adalah perusahaan tas dan koper yang didirikan oleh Jesse Shwayder pada tahun 1910 yang terkenal akan kualitas dan kekuatannya. Awalnya, perusahaan tersebut bernama The Shwayder Trunk Manufacturing Company. Produk pertama yang dihasilkannya diberi nama Samsonite yang diambil dari salah seorang tokoh terkenl yaitu Samson yang merupakan tokoh supernatural dengan kekuatannya yang terkenal mampu mengalahkan seluruh musuh-musuhnya dan melumpuhkan singa. Ketenaran produk tersebut ternyata terbukti. Nama yang diberikan ternyata benar-benar mampu menggambarkan produk yang dihasilkannya. Dan nama tersebut akhirnya menjadi trademark pada tahun 1941 dan akhirnya Shwayder mengganti nama perusahaannya menjadi Samsonite pada tahun 1966.
  • Häagen-Dazs adalah salah satu merek es krim yang sangat terkenal. Bahkan di Indonesia, harga es krim yang dijual di gerai ini merupakan es krim termahal dibandingkan dengan es krim merek lainnya. Reuben dan Rose Mattus menciptakan nama yang sangat unik dan membuatnya tidak mudah ditiru atau diduplikasi. Nama itulah yang mengguncangkan industri es krim di New York untuk pertama kalinya ketika gerai Häagen-Dazs didirikan. Pelafalan atau pengucapan Häagen-Dazs memiliki ciri khas dan membuat nama itu terdengar sangat eksotik dan mengundang kita untuk mencicipi kembali es krimnya yang lezat.
  • Nike adalah perusahaan yang didirikan oleh Bill Bowerman dan Philip Knight pada tahun 1971 dan merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu sepak bola terbaik pada masanya. Sayangnya, nama perusahaan yaitu Blue Ribbon Sport ternyata sangat kurang menjual sehingga hanya sebentar perusahaan itu mengalami peningkatan lalu mulai mengalami penurunan. Lalu untuk membangun brand baru yang merupakan penggambaran adanya sebuah semangat untuk mencapai kemenangan, akhirnya setelah berkonsultasi dengan seseorang yang ahli dalam mitologi Yunani, ditemukanlah nama Nike, The Winged Goddess of Victory. Nama tersebut terdengar jauh lebih baik dan akhirnya diresmikan pada tahun 1978 menggantikan nama Blue Ribbon Sport tersebut.
  • Kodak adalah perusahaan kamera yang tidak asing lagi bagi kita. Perusahaan ini didirikan oleh George Eastman. Pemberian nama Kodak itu sangatlah unik karena Eastman percaya bahwa kombinasi huruf yang diawali dengan huruf K dan diakhiri dengan huruf K pula akan terdengat unik, mudah diingat, tidak ada duanya serta tidak akan menimbulkan salah pengucapan. Setelah mengutak-atik kombinasi huruf sekian banyaknya, maka lahirlah nama Kodak yang hingga kini masih digunakan.
(Visited 214 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






2 + 1 =