Blog

Tekad, Keberanian, Kreatifitas dan keyakinan Kunci Keberhasilan C59

c-59Kaos Murah – PT Caladi Lima Sembilan atau orang sering mengenalnya dengan merek C59 merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri garmen, khususnya garmen kaos sablon. C59 didirikan oleh pasangan Marius Widyarto Wiwied dan Maria Goreti Murniati pada tahun 1980, tepatnya 12 Oktober 1980, yang bertepatan juga dengan hari pernikahan pasangan tersebut. Awal mula berdirinya usaha ini dengan pemodalan yang terbatas, hanya sekitar 2,5 jt yang mereka dapatkan dari hasil penjualan kado pernikahan. Dengan modal sebesar itu, lantas oleh pasangan  Marius Widyarto Wiwied dan Maria Goreti Murniati dibelikan satu unit mesin jahit dan satu unit mesin obras. Dengan dibantu kedua karyawannya, pasangan ini memulai usaha kaos C59 yang dikemudian hari menjadi kaos yang terkenal dan banyak dikenakan.

Diambilnya merek atau nama C59 karena memang usaha ini berkedudukan sebuah rumah yang beralamat di Jalan “Caladi No.59, Bandung” yang mana merupakan rumah dari bpk Wiwid beserta istri. Alasannya sangat sederhana, agar pembeli lebih mudah apabila ingin memesan atau membeli lagi produk-produk dari C59.

Awalnya, bisnis yang dikembangkan oleh bpk Wiwid beserta ibu terbatas pada pesanan saja atau lebih sering dikenal sebagai made by order kaos bergambar (sablon) baik dari perseorangan, sekolah-sekolah, perguruan tinggi maupun instansi Pemerintahan di sekitaran Bandung. Dari mulai menerima pesanan, membeli bahan, mencelup, menggunting, menyablon, menjahit, sampai mengemas semuanya dikerjakan sendiri oleh bpk Wiwid secara manual karena belum mempunyai computer pada saat itu.

Kualitas produk menjadi konsen dari C59, dari mulai penyediaan bahan kaos berkualitas baik, jenis tinta sablon, proses pecah warna, proses sablon, sampai proses penjahitan dikerjakan dengan sangat hati-hati guna menghasilkan produk kaos yang berkualitas tinggi yang pada ahirnya akan berimbas kepada kepuasan dari konsumen. Pada tahun 1985, tidak heran jika C59 menerima pesanan yang semakin meningkat pesat.

Pada tahun 1986 C59 mampu beroprasi dengan 20 mesin jahit, seiring berjalannya waktu pada tahun 1990 C59 mampu membangun pabrik dengan fasilitas yang sangat modern. Pada tahun yangsama, C59 juga membangun took retail (showroom) pertama di jalan Tikukur No.10, dan pada tahun ini pulalah penjualan C59 mampu menembus omzet penjualan di atas  Rp 1 miliar.

Periode 1993-1994 merupakan periode berdirinya C59 sebagi perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan Bpk Marius Widyarto Wiwied sendiri sebagai Direktur Utama (hingga saat ini). Pada periode ini pula C59 memulai ekspansi ke beberapa kota di Indonesia dengan membuka Toko sendiri juga bekerjasama dengan Ramayana Department Store sebagai saluran distribusi ke Jakarta, Balikpapan, Yogyakarta, ujung Pandang, Lampung dan Malang.

Penghargaan Tahun Upakarti untuk Kategori Usaha Kecil Menengah (UKM) didapatkan PT.Caladi Lima Sembilan (C59) pada tahun 1996. Sedangkan pada tahun 1999, C59 memenangkan penghargaan Internasional Merit Award untuk kategori tema Kalender terbaik (Best Calender Theme).

Tahun 2000 dimana genap usianya ke 20 tahun, C59 mulai berekspansi lagi ke sector pasar yang lebih luas yaitu dengan mampu menembus pasar Eropa Tengah (Ceko, Slovakia dan Germany). Pada tahun ini jugalah C59 mulai mengubah strategi bisnisnya, dengan menggandeng Matahari Departement Store yang awalnya menggunakan strategi  “Basic Shirt“ (kaos oblong) menjadi “Fashion Apparel“ dengan menyediakan varian produk yang sangat beragam tidak hanya terbatas pada kaos. Pasar yang hendak disasar oleh C59 adalah segmentasi kalangan remaja usia 14 – 24 tahun.

Keberhasilannya menjalankan roda bisnis, pada tahun 2001, C59 memperoleh peringkat pertama dalam ajang penghargaan Enterprise 50 (50 UKM Nasional Terbaik) yang di selenggarakan oleh Accenture dan majalah SWA. Pada tahun 2002-2003 PT. Caladi Lima Sembilan (C59) mulai ikut berperan dalam trend para kawula muda, dengan mengadakan “C59 Street Fiesta”, yang di selenggarakan di 3 kota besar di jawa, yaitu Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Turut sertanya C59 mengambil bagian dari dunia muda ditunjukan juga oleh C59 dengan ikut ambil bagian dalam acara “Indonesian Idol“ yang bekerjasama dengan sebuah Televisi Swasta Indonesia (RCTI) dan Fremantle Media Enterprises,Ltd. (penyelenggara acara reality show dari America) pada tahun 2004 yang mengusung tema “Express Your Style”.

Eksisnya C59 menjalankan usaha chloting di Bandung, pada tahun 2007, C59 mendapatkan penghargaan Hade Award dari Dinas Perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative Independent Clothing Komunity), sebagai pelopor perclothingan di Bandung Jawa Barat.

Tekad, keberanian, kreatifitas dan keyakinan bpk Wiwid dalam menjalankan bisnis kaos membuat C59 terus berkembang hingga saat ini.

(Visited 140 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






4 + = 11