Blog

Menjadi Pengusah Distro Sukses

Kaos Murah – Menjadi pengusaha kaos murah/kaos distro sukses tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Banyak yang harus dipersiapkan dan dimatangkan terlebih dahulu terutama factor internal dari calon pelaku maupun pelaku usaha kaos murah/kaos distro. Banyak orang bertanya mengenai bagaimana caranya menjadi seorang pengusaha sukses di bidang usaha kaos murah/kaos distro. Clothing line atau orang sering menyebutnya sebagai distro saat ini menjadi bisnis yang banyak digemari oleh kalangan muda. Betapa tidak, bisnis kaos distro memiliki karakter unik dan populer di kalangan anak muda. Seolah melalui bisnis ini,  banyak hal yang dapat terwakili semisal pembuktian diri sebagai trendsetter, sebagai sebuah gerakan independent, atau hanya sekadar mengekspresikan pendapat kepada publik. Namun, Apapun alasannya kaos murah kaos distro telah menjadi bisnis yang populer di mata para pebisnis pemula.

Gampang-gampang susah, begitulah setidaknya dapat kami gambarkan mengenai bisnis kaos murah/kaos distro. Betapa tidak, bisnis kaos murah/kaos distro pada dasarnya adalah menjual kaos murah atau produk garmen lainnya. Ya,,,, sulit karena untuk menjadi Distro yang terus eksis dan berkembang butuh banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari proses produksi, distribusi, pemasaran, menjaga loyalitas konsumen dan lainnya. Selain dari itu, usaha kaos murah/kaos distro tergolong saha yang manis, maksudnya adalah usaha yang banyak pelakunya, banyak pesaingnya. Siapa yang mempunyai mental baja dan strategi jitulah yang mampu bertahan dan terus berkembang.

Lantas bagaimana memulai usaha kaos kaos murah/kaos distro dan menjadi pengusaha sukses di bisnis kaos murah/kaos distro? Banyak para pemula yang mencoba mencari jawaban tentang bagaimana menjalankan dan apa tantangan bisnis kaos murah/kaos distro sebelum memulainya step by step. Namun diantara mereka banyak yang mentok pada tingkat tertentu.

Solusinya adalah dengan memulai apa yang ingin dilakukan saat ini. Dan mungkin para pemula di udaha kaos murah/kaos distro tidak akan mendapat semua jawaban dari problem yang akan muncul nantinya, tapi pengalaman yang mereka dapat dalam mengelola bisnis kaos murah/kaos distro akan membawa mereka untuk dapat mengatasinya, karena pada dasarnya “business is personal”, tidak ada yang namanya ilmu pasti dalam meraih kesuksesan. Dalam bisnis kaos murah/kaos distro setiap orang memiliki cara sendiri untuk meraih kesuksesannya. Namun meski demikian, ada beberapa hal yang dapat dipelajari yang dapat dijadikan bekal guna meraih kesusksesan dalam bisnis kaos murah/kaos distro, diantaranya:

Positive Thinking

Para pelaku usaha kaos murah/kaos distro yang telah terlebih dahulu eksis kebanyakan mengatakan bahwa saat memulai usaha kaos murah/kaos distro adalah tahap terberat dalam bisnis kaos murah/kaos distro. Pada tahap ini, untuk menghasilkan suatu penjualan tertentu dibutuhkan perjuangan yang ekstra. Tidak hanya disitu, usaha yang dikerahkan yang sudah naksimal namun hasil yang didapat tidak sesuai dengan target yang diinginkan, bahkan jauh dari target yang ingin dicapai.

Selain permasalahan di atas, juga ada beberapa permasalahan yang menyusul lainnya diantaranya vendor (tempat bikin kaos murah) yang kurang kompeten, pembayaran sitem konsinyasi terlalu lama dan sebagainya. –Untuk masalah vendor (tempat bikin kaos) untuk membuat produk kaos murah/kaos distro, Kaosmurahku.com menyediakan jasa pembuatan kaos dengan merek sesuai dengan yang diinginkan, dengan kualitas yang baik tanpa sedikitpun mengurangi standar kualitas yang diterapkan di vendor Kaosmurahku.com- Pada tahap memulai inilah dapat dikatakan saat-saat kritis dalam usaha kaos murah/kaos distro, berbagai tekanan akan dirasakan para pemula, dan pada saat itu para pemula dapat berpikir untuk keluar dari bisnis kaos murah/kaos distro.

Untuk mengantisipasi beratnya tantangan usaha kaos murah kaos distro pada tahap-tahap awal memulai usaha dapat kami sarankan bahwa pada saat ada pikiran untuk keluar dari binis kaos murah/kaos distro baiknya urungkan niat tersebut. Saat-saat sulit pada tahap usaha merupakan saat dimana para pelaku usaha kaos murah/kaos distro dipaksa untuk melampaui batas diri yang sebelumnya tanpa disadari telah membatasi diri dari pelaku usaha pemula. Di luar itu, saat-saat sulit dalam menjalankan usaha kaos murah/kaos distro dapat membentuk pelaku usaha kaos murah/kaos distro pemula menjadi pengusaha kaos murah/kaos distro yang tangguh. Pengusaha pemula yang dapat melalui saat tersulit dalam tahapan usaha kaos murah/kaos distro dengan tetap positif, maka kesuksesan akan dirainya suatu saat pada waktunya.

Pahami Market dan Konsumen

Dalam konsep marketing, produk berkualitas bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut. Sebagus apapun produk anda, jika tidak ditunjang oleh kinerja marketing yang bagus maka produk tidak akan berumur lama. Kasus ini juga berlaku pada bisnis kaos murah/kaos distro. Tidak sedikit orang yang terjebak dalam hal ini, merasa bahwa bahwa konsumen akan datang dengan sendirinya untuk membeli produk tanpa terlebih dahulu mengetahui market mana yang mereka tuju.

Untuk menghasilkan nilai penjualan yang ditargetkan, baiknya segala lini marketing digerakan (bauran pemasaran), dari mulai produk, price, place, promotion. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai bauran pemasaran, akan kami baha pada post lainnya. Semakin baik kinerja marketing dari produk kaos murah/kaos distro maka semakin bagus nilai penjualan. Dan yang perlu diperhatikan lagi adalah menjaga kepusana dari konsumen.

Tentukan Segmentasi Pasar yang Jelas

Dalam menjalankan kaos murah/kaos distro, penentuan segmentasi menjadi sangat penting. Kenapa? Penentuan segmentasi yang jelas sama artinya memfokuskan energy untuk mencapat target yang diinginkan. Semisal usaha kaos murah/kaos distro mengangkat tema tentang music, maka semua pergerakan marketing hanya akan dibidikan kepada sasaran penggemar music, band atau fans. Artinya disini adalah kefokusan akan menggarap pasar tertentu. Penentua segmentasi pasar yang kurang jelas akan membaurkan target pasar. Energy yang dikeluarkan untuk menggarap pasar yang luas tentunya akan semakin besar. Jika kondisi usaha belum seutuhnya kuat, pasar yang terlalu akan mempengaruhi kinerja perusahaan, pengerahan energy yang telalu tingginya arus kas masuk dari dampak marketing akan menurunkan kinerja perusahaan. Jika hal ini diteruskan bukan tidak mungkin perusahaan akan gulung tikar.

Menggarap segmentasi pasar yang terlalu luas hanya akan membuat  produk kaos murah/kaos distro akan kehilangan ciri khas sebagai nilai jualnya atau value added yang dapat ditawarkan kepada konsumen. Hal ini dapat menurunkan kesetiaan pelanggan, lambat laun bisnis kaos murah/kaos distro menjadi stagnan. Guna mengantisipasi itu semua, lebih baik usaha kaos murah/kaos distro melakukan STP (segmenting, targeting, dan positioning) secara baik, sehingga usaha kaos murah/kaos distro dapat menemukan pasar niche, pasar kecil yang setia. Dan pada ahirnya  usaha kaos murah/kaos distro dapat selalu berkembang dengan lebih baik.

Test Lalu Sesuaikan

Metode ini terdengan seperti dalam film Rambo, tembak sana sini dengan harapan kena sasaran. Sebenarnya? Nihil..! dalam melakukan metode trial dan error pada usaha kaos murah/kaos distro, jangan disamakan dengan gambaran pada film Rambo tersebut. Trial yang error hanya akan menghamburkan energy dalam strategi marketing. Menjamin ketersediaan informasi yang cukup mengenai produk kaos murah/kaos distro bukanlah hal yang mahal saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini dapat menjadi dukungan guna terus berinovasi dalam melakukan test dengan biaya minim.

Pelaku usaha kaos murah/kaos distro juga dapat bergabung dengan forum-forum komunitas design dan juga clothing line/distro guna melihat dan mengamati bagaimana perkembangan usaha kaos murah/kaos distro terkini, juga inovasi produk yang ada. Selain itu, para pelaku usaha kaos murah/kaos distro juga dapat mengetes bagaimana kualitas produk dengan mempostingnya di forum tersebut. Semua informasi yang didapat dari forum tersebut dapat dijadikan bahan dalam melakukan simulasi apakah hal tersebut memberikan support yang baik terhadap usaha kaos murah/kaos distro yang sedang dijalankan atau tidak sama sekali. Jika positif, teruskan. Jika negative, evaluasi lalu tentukan strategi selanjutnya. Jadilah model usaha yang dinamis.

Perkuat Brand

Seperti dijelaskan pada postingan sebelumnya mengenai cara membangun brand distro (klik link tersebut) brand yang kuat akan berdampak pada baiknya kinerja pemasaran. Untuk itulah pembangunan brand pada usaha kaos murah/kaos distro sangat penting. Bagaiman cara membangun brand agar kuat, dapat dibaca pada artikel sebelumnya disini.

Pembangunan brand kaos murah/kaos distro dengan menggunakan media sosial saat itu sangat efektif. Media sosial belakangan ini menjadi komponen penting yang dapat mendukung usaha kaos murah/kaos distro menuju ke level selanjutnya. Berbicara mengenai media sosial, kita sering terjebak dengan definisi sukses di dunia media sosial ini, makin banyak follower atau friend menandakan bahwa branding produk telah berhasil. Hal ini tidaklah benar, seperti yang dikatakan oleh Jeff Finely dari Go Media, bahwa 100 follower setia lebih baik daripada 1000 follower yang tidak peduli terhadap usaha anda. Hal yang terpenting adalah bagaimana brand dapat berinteraksi secara continue dengan para follower tersebut tanpa meninggalkan aspek manusianya sehingga interaksi antara brand dengan konsumen menjadi lebih dekat. Jadilah brand yang membuat orang kagum dan ingin membeli produk yang anda buat.

Have Fun

Banyak para pemula memulai bisnis kaos murah/kaos distro dengan tujuan memiliki usaha yang dapat mendatangkan keuntungan. Selain itu, juga sebagai media guna mengekspresikan hal-hal yang menjadi kesenangan. Seiring dengan berjalannya waktu, semua kesenangan yang awalnya menjadi impian lambat laun akan terkikis pelan-pelan seiring dengan datangnya masalah seputar bisnis kaos murah/kaos distro. Pada saat mengalami waktu tersulit dalam menjalankan usaha kaos murah/kaos distro, coba luangkan waktu sejenak dan ingatlah apa yang dahulu ingin anda capai dan refleksikan dengan keadaan sekarang. Apakah sudah sesuai dengan harapan anda dahulu? Jika tidak, cobalah evaluasi dan lakukan pendekatan seperti yang telah dilakukan sebelumnya dimana pelaku usaha memiliki kepuasan dan kesenangan ketika mengurus usaha kaos murah/kaos distro. Hal ini terkait erat dengan produktifitas pengusaha, produktifitas tidak akan sama pada saat tingkat stres tinggi dengan keadaan senang.

Dalam menjalankan usaha kaos murah/kaos distro kuncinya adalah love what you do, love what you produce, and the others will come. Cintailah apa yang anda kerjakan, cintailah apa yang anda hasilkan, maka segalanya akan tiba pada waktunya. So, lets Have Fun.

(Visited 178 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






6 + = 8