Blog

Cara Memulai Usaha Distro

Kaos MurahClothing line atau orang sering menyebutnya dengan kaos disto adalah usaha yang dapat dikatakan gampang-gampang susah dalam menjalankannya. Bagaimana cara memulai usaha kaos distro dan berapa estimasi kebutuhan modalnya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Untuk memulai usaha kaos distro baiknya dilakukan reset terlebih dahulu, mengingat dalam menjalankan usaha ini banyak yang harus dipersiapan. Hal ini semata-mata guna memperlancar usaha kaos distro kedepannya sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Sekitar tahun 1996 kaos distro/kaos murah mulai menjadi sebuah tran dari kalangan anak ditandai dengan banyaknya bermunculan brand-brand baru yang membatu meramaikan usaha distro kaos ini. Distro merupakan kepanjangan distribution outlet, yaitu suatu konsep usaha yang menyediakan suatu tempat tertentu guna mendistribusikan produk yang dihasilkan oleh suatu brand tertentu yang jumlahnya terbatas (limited) yang menyebabkan produk terkesan eksklusif sehingga banyak orang yang mencari dan menggemari kaos distro dari suatu brand tertentu,  karena tidak banyak yang memilikinya alias terbatas.

Usaha kaos murah kaos distro cukup menjanjikan, banyak orang yang sukses menjalankan usaha kaos distro. Kesuksesnya para pemilik distro terdahulu menginspirasi banyak orang untuk ikut ambil bagian menjadi sukses melalu usaha kaos distro. Selain itu, tidak sedikit pula yang memulai usaha kaos distro karena ingin mengekspresikan kreatifitasnya dalam sebuah kaos sehingga dapat dinikmati oleh orang lain, bagi mereka ya ekspresi ya menguntungkan.

Bagaimana cara memulai usaha kaos distro?

Seperti yang kami utarakan diatas, untuk memulai usaha kaos distro baiknya dipersiapkan dengan matang. Beberapa hal harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memulai usaha kaos distro diantaranya sebagai berikut:

Tentukan Konsep

Dewasa ini perkembangan usaha kaos distro sangat cepat dan ramai yang mengakibatkan semakin ketatnya pesaingan dalam dunia usaha kaos distro. Guna mengantisipasi hal tersebut baiknya calon pengusaha  sebelum memulai usaha kaos distro menetapkan apa yang ia ingin capai dalam bisnis ini.  Setelah visi dan misi ditetapkan oleh calon wirausaha maka proses selanjutnya adalah menentukan konsep dari brand kaos distro yang hendak dijalani. Ada beberapa banyak plihan konsep dalam usaha kaos distro diantaranya nasionalis, musik, gothic, daerah, humor, motivasi dll.  Tetapkan salah satu konsep kaos distro. Ini sangat penting dikemudian hari karena akan menjadi dan menentukan nilai jual produk kaos distro anda kepada konsumen. Sehingga makin unik ide konsep kaos distro semakin baik, keunikan konsep distro juga akan membentuk atau menemukan pasar bagi brand kaos distro.

Lakukan Riset

Riset menjadi salah satu komponen penting dalam memulai usaha kaos distro, bahkan bukan hanya dalam usaha kaos distro, dalam semua bidang usahapun riset wajib diperlukan. Tujuannya riset adalah untuk melihat dan mengetahui potensi pasar dari bisnis kaos distro yang hendak dijalankan. Beberapa komponen yang masuk pada tahapan riset sebelum memulai usaha yaitu berapa harga pasaran produk yang sama sehingga didapat harga jual produk kita yang sesuai dengan daya beli pasar, bagaimana respon pasar terhadap kaos distro (baik atau tidak), bagaimana peta letak persebaran usaha kaos murah sehingga kita dapat menentukan akan main disektor mana, serta mengenai tema kaos distro yang sedang laku dipasaran apa. selain itu, meriset vendor (tempat bikin kaos/ tempat pesan kaos) jika usaha kaos distro nantinya tidak berproduksi sendiri, ini menjadi penting karena guna menunjang proses operasional usaha kaos distro dikemudian hari. Kaosmurahku.com adalah salah satu vendor pembuatan kaos yang dapat anda jadikan mitra usaha kaos distro anda.

Tentukan Sistem Distribusi

System distribusi adalah salah satu komponen penting dalam menunjang pemasaran kaos distro, sehingga akan memparuhi bagaimana suksesnya usaha kaos distro yang hendak dijalani. Produk berkualitas namun jika tidak ditunjang oleh system distribusi yang baik maka tidak akan sampai kepada konsumen dengan baik. Sitem distribusi mencakup beberapa hal, diantaranya bagaimana cara menjual produk kaos distro, apakah lewat online atau offline atau kombinasi kedua-duanya, rekanan mana saja yang bekerja sama dalam memasarkan produk koas distro , dan perlukan agen atau reseller freelence dll.

Tentukan Konsep Marketing

Marketing ibarat jantung dalam tubuh manusia, jika jantung berfungsi dengan baik darah akan lancer tersalurkan keseluruh tubuh, dan ini berimbas kepada seluruh tubuh yang akan bergerak dengan baik. Begitulah marketing dalam sebuah usaha, jika marketingnya baik maka seluruh kegiatan usaha akan baik pula, namun jika tidak maka sebaliknya yang akan terjadi pada usaha. Marketing tidak hanya sekedar bagaimana menjual kaos distro, lebih dari itu branding, advertising, dan juga promosi adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam marketing. Dalam marketing, Kaos distro cukup hanya dikesankan sebagai pakaian saja namun harus dikemasa menjadi gaya hidup yang menarik dan dinamis. Untuk itulah, strategi yang baik dalam marketing akan menunjang keberhasilan dari usaha kaos distro.

Permodalan

Modal merupakan salah satu komponen penting dalam memulai usaha, namun tidak setiap usaha harus memerlukan modal yang besar, ada juga yang hanya memerlukan modal kecil. Namun dalam usaha kaos distro, modal adalah bagian mutlak yang harus dipersiapkan. Besaran modal dalam usaha kaos distro bergantung kepada kuantitas dan kualitas kaos distro yang hendak dibuat. Mengenai permodalan dalam usaha kaos distro, banyak yang terjebak dalam perhitungannya. Semisal kita memikirkan nominal biaya yang diperlukan dalam membuat usaha kaos distro (misalkan satu juta), maka kalikanlah nominal tersebut dengan angka 5. Hal ini menjadi diperlukan dalam usaha yang berbasis dagang semisal kaos distro, kenapa?  Dalam memulai usaha seringkali para wirausaha berpikir usahanya akan langsung sukses dan barang yang diproduksi akan terjual habis, tetapi kenyataan tidak selalu seperti itu.  Dengan dikali oleh angka 5 tadi, maka wirausaha akan mendapatkan nominal modal yang aman dalam menjalankan usahanya.

Simulasi

Berikut kami sajikan simulasi perhitungan biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha kaos distro yang eksklusif  dengan kualitas yang baik.  Biasanya vendor memasang minimum order produksi, untuk vendor kaosmurahku.com  minimum ordernya 1 kodi (20 pcs) namun guna amannya dalam hal ini kita buat dua desain sehingga menjadi 40 pcs kaos distro yang hendak kita buat.

Biaya desain                                               Rp100.000,00

Biaya bikin kaos 40 x Rp45.000,00          = Rp1.800.000,00

Total biaya yang dibutuhkan                        Rp1.900.000,00

Kita tentukan harga jual kaos sebesar         Rp80.000,00/pcs

Sehingga total nilai jual kaos adalah 40 x Rp80.000,00 = Rp3.200.000,00

Keuntungn kotor menjadi Rp3.200.000,00 – Rp 1.900.000,00 = Rp1.300.000,00

Untuk keuntungan bersih silahkan dikurangi dengan biaya operasional perusahaan.

Dari simulasi diatas dapat dilihat bahwa usaha kaos distro sangat meggiurkan, dimana keuntungan dapat lebih dati 25% (setelah dikurangi biaya operasional). Untuk itu kami menyimpulkan bahwa usaha kaos distro sangat layak untuk dijalankan.

(Visited 2,755 times, 2 visits today)

This Post Has 29 Comments

  1. yudi says:

    mohon info gan.kl bikin kaos dngn kain type cottom combed 20s,24s,30s,dan 40s itu selisih ongkos produksinya berapa ya tiap2 type.misalnya dengan jenis sablon yang sama.trima kasih

  2. dicky says:

    gan ane mau tanya. kalo harga kaos polos bahan cotton combad 20s,30s,24s per pcsnya brp yah. tolong jabarin yah gan masing” dari bahannya. trima kasih

  3. adityvf says:

    Misi gan saya mau buka usaha kaos nih tapi masih ragu saya mau coba jadi agen agan,.. Mau ngerintis biar tahu caranya
    Tapi agan ada website ga biar saya tau produknya agan terimakasih gan,…

  4. indra says:

    gan apa sih bedanya bahan soft combet 30s dengan bahan soft combet 20s? dan dari kedua bahan tersebut mana yang lebih bagus kualitasnya gan yang enak di pakai dan bahannya adem ?

    • Imam Syafi'i says:

      perbedaan softcombet 30s dengan 20s ada di ketebalan kain gan, 20s lebih tebal dibandingkan 30s. Gampangnya semakin kecil s semakin tipis kain. Kualitas sama saja, kalau soal enak dipakainya tergantung yang memakainya. Kalau kami cenderung suka yang 30s, tipis dan nyaman dipakai bagi badan-badan yang suka berkeringat. tks

    • Imam Syafi'i says:

      untuk menjadi agensi dari kami biayanya sekitar 1,5jt gan, agan akan dapat fasilitas: sample produk, desain publikasi, fasilitas free desaign untuk setiap pelangga agan, dan mentoring bisnis dari tim kami. info lebih lanjut contak cp kami di 085624659410. thanks

    • Imam Syafi'i says:

      Dear Sdr. Wahyu,

      Biaya keagenan 1,5jt agen akan mendapatkan:
      - Kaos Sample 12 pcs (t-shirt dan Polo shirt)
      - Spanduk Promosi
      - Pendampingan bisnis
      - Fasilitas Desain Geratis bagi para pelanggan agen

  5. Arby Simangunsong says:

    Gan saya ada niat ingin buka distro tp saya masih ragu karena banyak hal yg saya pertimbangkan salah satunya saya takut gagal menjalankannya, dan disamping itu saya jg takut tertipu oleh tempat pengambilan via online. Bagaimana solusinya gan?

    • Imam Syafi'i says:

      prinsipnya, Rencana usaha sebagus apapun hanya akan jadi rencana saja tanpa eksekusi. Sudah wajar dalam setiap tidakan ada resikonya, termasuk dalam memulai usaha. pasti ada faktor resikonya. yang terpenting adalah bagaimana meminimalisir resiko, caranya dengan memilih vendor penyedia kaos yang sudah teruji kualitas dan layananya. salam

Leave A Reply






6 + = 10