Blog

Mengenal Berbagai Ragam Teknik Rajut

Kaos Murah – T-shirt atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kaos murah atau kaos oblong merupakan salah satu jenis busana yang sering kita kenakan dalam kehidupan sehari-hari, sifat kaos murah sama dengan busana (pakaian) atas yang menutupi anggota tubuh bagian atas yang meliputi sebagian dari lengan atau seluruhnya (kaos murah panjang), seluruh data, bahu, perut dan bagian belakan tubuh atas. Berbeda dengan pakaian lainnya, sebut saj kemeja, kaos murah oblong tidak disertai dengan kerah dan kancing ataupus saku, jikapun disertai dengan kerah, kancing dan saku cenderung disebut kaos murah berkerah (bayak yang menyebut sebagai polo) walaupun pada dasarnya polo berbeda bahan dengan kaos murah oblong. Kaos murah oblong kebanyakan berlengan pedek walaupun banyak juga yang dengan lengan panjang  dengan bagian leher berbentuk bulat (O neck) da nada juga yang berbetuk huruf v (v neck).

Kaos murah oblong dapat dibuat dari bahan dasar serat katun atau polyester, dapat pula campuran antara keduannya. Sebelum menjadi bahan kaos murah oblong, baik serat katun maupun serat polyester harus dibuat tengan teknik rajut sehingga menjadi lembaran kain. Merajut (bahasa Inggris: knitting) merupakan salah satu teknik membuat kain dengan berbahan dasar benang rajut. Benang rajut adalah benang yang didisain khusus dengan sifat tertentu yang memang untuk memudahkan dalam proses pembuatan kain rajut. Berbeda dengan pembuatan kain tenun yang dengan menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, proses rajut hanya menggunakan sehelai benang yang membembentuk sebuah simpul yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Sebaris simpul tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

Teknik rajut dapat dilakukan secara manual dengan tangan maupun dengan mesin. Teknik manual biasanya biasanya disebut dengan merenda dan sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, sedangkan untuk kebutuhan kaos oblong murah dikerjakan dengan mesin. Dalam perajutan kain, ada dua teknik dasar, yaitu tusuk atas dan tusuk atas. Apa itu tusuk atas? Tusuk atas adalah mengaikan  benang dari arah depan, sedangkan tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. Hasil rajutan memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan.

knit contruction

Teknik perajutan secara umum dibagi menjadi dua, rajut datar yang dapat dilakukan dengan memakai dua jarum rajut atau jarum melingkar dengan hasil berupa kain lurus dan mendatar (persegi panjang). Teknik kedua rajut bundar  yang dilakukan memakai jarum rajut berujung dua atau jarum melingkar dengan hasil berupa kain berbentuk silinder seperti kaus kaki atau kain rajut bahan dasar kaos murah oblong  yang sering kita gunakan sebagai salah satu pakaian sehari-hari.

Demikian sedikit gambaran mengenai teknik dasar rajut yang dimana hasil dari teknik ini sering kita kenakan dalam kehidupan sehari-hari, Kaos. Semoga bermanfaat.

(Visited 223 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






8 + = 9