Blog

Teknik Sablon pada Bahan Kaos

Kaos Murah – Pada posting yang telah lalu, kita terlah membahas mengenai bagaimana cara membuat kaos murah, pada postingan edisi kali ini kami akan membahas bagaimana cara menyablon dengan menggunakan tinta ruber pada permuakaan kaos murah. Seperti kita ketahui bahwa sablon atau pencapan adalah proses pewarnaan pada permuakaan kain yang baik secara merata ke seluruh permukaan kain ataupun sebagian permukaan kain saja, caranya adalah dengan melekatkan zat warna pada kain memalui screen dengan cara disapukan. Tentunya motif yang disablon adalah motif yang sesuai dengan disain yang diinginkan.

 

Seperti disinggung pada postingan yang kemaren bahwa, proses sablon kaos murah ada beberapa tahap. Tahapan pertama adalah dengan cara membuat disain motif kaos murah yang diinginkan, dapat dengan menggunakan aplikasi corel draw maupun potoshop. Jika kaos murah hendak dijual, baiknya disain dibuat semenarik mungkin, dan bila perlu mengikuti tren yang sedang berkembang. Disain yang telah dibuat tersebut lantas dianalisa guna memecah komponen warna dari motif tersebut, karena dalam sablon manual, proses sablon dilakukan satu per satu sesuai dengan warnanya. Warna yang telah dipecah lantas diprint pda kertas transparan guna digunakan pada waktu pengafdrekan film.

Proses afdrek adalah proses memindahkan motif pada kertas transparan ke dalam screen dengan menggunakan zat peka cahaya (super X dll). Proses afdrek dilakukan dengan cara mengoleskan zat peka cahaya sampai merata pada permukaan screen, setelah itu keringkan zat peka cahaya tersebut. Setelah zat peka cahaya kering, lakukan proses pengafdrekan dengan cara seperti yang akan kami bahas pada postingan berikutnya.

Screen yang telah dilakukan pengafdrekan akan membentuk motif sesuai dengan motif yang diinginkan, screen ini sudah siap dipakai guna proses sablon kaos murah. Pencapan/sablon dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Kain yang telah dipotong sesuai dengan size yang diinginkan direkatkan pada papan sablon dengan posisi terbuaka sempurna.
  2. Seting screen sablon tersebut dengan cara meletakannya tepat berada diatas permukaan kain yang hendak disablon. Lakukan penguncian screen tersebut dengan menggunakan knock pada fram atau pada meja cap.
  3. Sapukan pasta cap yang telah disiapkan pada permukaan screen dengan menggunakan rakel karet, pasta cap akan membentuk motif pada permukaan kain sesuai dengan disain motif yang ada pada screen. Lalukan proses ini dua sampai empat kali sehingga didapat permukaan sablonan yang rata.
  4. Lakukan proses sablon atau pencapan pada komponen-komponen warna berikutnya (jika memang disain anda lebih dari satu warna) sampai semua warna pada disain selesai tersablonkan.
  5. Setelah proses pencapan selesai, motif pada permukaan kain harus dipress dengan menggunakan mesin heatpress pada suhu ± 160 derajat celsiun selama 15 detik, atau dapat pula dengan cara penyetrikaan, bahan yang akan disetrika terlebih dahulu dilapisi kertas baru kemudian disetrika di bagian kertas di atasnya. Hal ini untuk menghindari gambar rusak oleh gosokan setrika.
(Visited 90 times, 1 visits today)

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply






2 + = 9