Blog

Jenis Tinta Sablon Berdasar Kegunaannya Pada Sablon

Kaos Murah – Pada edisi artikel sablon lalu kami sudah membahas tentang jenis-jenis tintas sablon yang berkaitan dengan sablon pada produksi kaos murah, kali ini kami ingin share mengenai jenis tinta sablon yang lainnya. Pada dasarnya teknik sablon manual (hand printing) pada beberapa kasus adalah sama seperti kami bahas disini. Yang membedakan antara sablon yang satu dengan yang lain adalah penggunaan screen dan yang pasti adalah penggunaannya jenis tinta sablonnya. Misal tinta sablon yang digunakan untuk plastic akan beda dengan tinta sablon untuk kaos murah. Untuk memperkaya kita akan jenis tinta sablon, kami suguhkan pada edisi berikut ini.

Tinta sablon merupakan larutan pewarna yang digunakan dalam mewarnai pola atau gambar pada benda dengan disain yang diinginkan. Terdapat bermacam-macam jenis tinta sablon ini, tergantung dari bahan yang hendak disablon. Kesesuaian antara bahan yang hendak disablon dengan tinta sablon akan menghasilkan sablonan yang memuaskan, warna dan keawetan sesuai dengan yang diinginkan. Daftar tinta sablon dapat dilihat pada table berikut ini:

tintadankegunaan

Tinta Fine Ink

Tinta sablon fine ink digunakan untuk menyablon plastic biasa. Cat ini tidak dapat digunakan langsung dalam sablon, harus dicampur dengan pelarutnya. Pelarut/pengencer tinta sablon ini adalah minyak tanah dengan perbandingan larutan 2 untuk tinta fine ink dan 1 untuk minyak tanah. Campuran keduanya tersebut diendapkan setidak-tidaknya selama 2 jam sebelum digunakan untuk menyablon. Keinstimewaan tinta sablon ini adalah:

-          Tidak menimbulkan lapisan atau serat jika terkena udara

-          Mudah bereaksi dengan plastic

-          Cepat kering dan hasilnya rata pada seluruh permukaan plastic

-          Noda pada plastic mudah dihilangkan.

Sedangkan kelemahannya adalah:

-          Hasil sablon mudah larut jika terkena minyak

-          Pada screen terdapat bercak noda yang terkadang sukar dibersihkan.

Mengingat kelemahan tinta sablon ink tersebut, maka bahan-bahan yang disimpan dalam plastic sebainya bukan bahan-bahan yang mengandung minyak.

Cat Imitasi

Cat imitasi dapat digunakan untuk menyablon bahan-bahan yang terbuat dari: mika, kulit, imitasi, dan karet, serta kertas-kertas dof dan juga karton. Cara pemakaiannya adalah dengan terlebih dahulu mencampur cat imitasi dengan pengencer (minyak reducer) dengan perbandingan 1:1. Aduk hingga campuran rata. Namun jika menghendaki kondisi cat agak kental, perbandingan minyak pengencernya dapat dikurangi. Keistimewaan dari cat ini adalah:

-          Dapat digunakan untuk menyablon kertas, atau karton dengan hasil tajam dan kemungkinan rusak kurang

-          Dapat menghasilkan gambar yang jelas

-          Cepat kering

-          Berbau harum yang menyengat

-          Dapat langsung digunakan setelah dicampur dengan minyak pengencernya

-          Bekas-bekas cat pada screen dapat dengan mudah dihapus.

Sedangkan kelemaha dari tinta sablon ini adalah:

-          Dapat merusak rakel (karet penyapu)

-          Dapat membuat daya tahan screen berkurang

Tinta Untuk Sablon Kain/Kaos

Untuk jenis tinta untuk sablon kaos murah dapat dilihat di sini.

Sumber: Siswanto, Pujo. Kupas Tuntas Teknik Sablon Masa Kini. Yogyakarta, 2003.

(Visited 2,318 times, 12 visits today)

This Post Has 3 Comments

Leave A Reply






+ 9 = 11